KONSUMSI BUAH DAN SAYUR TINGKATKAN KESEHATAN MENTAL

Telah lama diketahui bahwa mengonsumsi banyak sayur dan buah bermanfaat untuk kesehatan pembuluh darah. Namun, riset terbaru menyatakan memperbanyak konsumsi buah, seperti apel dan pisang, serta sayur wortel mampu meningkatkan kesehatan mental.

Konsumsi 10 porsi buah dan sayuran per hari, dalam penelitian tersebut, akan meningkatkan kesehatan emosional seperti seorang pengangguran yang mendapatkan pekerjaan baru. Dan bila berhenti /mengurangi konsumsi sayur / buah, berdampak seperti seseorang yang baru saja mengalami perceraian.

Riset tersebut dilakukan oleh tim peneliti dari University of Leeds, Inggris. “Studi kami dapat mendorong seseorang untuk mengonsumsi lebih banyak buah dan sayur, di mana tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik pada jangka panjang, tetapi juga kesehatan mental dalam jangka pendek,” tulis peneliti dalam Journal Social Science & Medicine.

Peneliti menganalisa data sekitar 50.000 responden dari UK Household Longitudinal Survey, yang dikumpulkan dari tahun 2010 sampai 2017. Partisipan mendapatkan pertanyaan berapa banyak buah dan sayur yang mereka konsumsi dalam sehari atau seminggu.

Hitungan satu porsi adalah satu potong buah, satu mangkuk (sebesar sekepal tangan) sayuran mentah, atau separuh mangkuk sayuran yang sudah dimasak. Sementara untuk mengukur status mental, partisipan diminta mengisi kuisioner tentang level kebahagiaan, penghargaan pada diri sendiri dan gejala-gejala kegelisaan yang dirasakan.

Dilansir dari laman dailymail.com, hasil yang didapatkan adalah kesehatan mental partisipan berbanding lurus dengan jumlah konsumsi sayur dan buah tiap hari. Bahkan dengan menambahkan ekstra porsi buah beri atau salad akan meningkatkan kesehatan mental sama seperti saat kita berolahraga jogging 10 menit selama 7 hari, dalam 4 minggu.

Peneliti juga menyimpulkan mengurangi konsumsi buah/sayur segar sampai 5 porsi sehari memicu tekanan emosional yang sama seperti saat terdiagnosis penyakit kronis.  Dan beralih dari yang sebelumnya tidak mengonsumsi buah/sayur menjadi 4-6 porsi sehari, meningkatkan kepuasan hidup sama seperti dengan menikah.

Walau belum jelas apa yang menyebabkan buah dan sayuran segar mampu meningkatkan kesehatan mental, dalam riset sebelumnya diketahui kacang-kacangan, jeruk atau bayam, kaya vitamin C dan E, yang menurunkan peradangan serta stres yang berhubungan dengan depresi.

Karbohidrat kompleks dalam buah dan sayur juga mampu meningkatkan kadar hormon serotonin di otak. Berkurangnya produksi hormon serotonin berhubungan dengan depresi, misalnya pada perempuan pada masa menstruasi cenderung mengalami gangguan mood. (jie)

Artikel ini pernah di muat di :http://otcdigest.id/info-sehat/konsumsi-buah-dan-sayur-tingkatkan-kesehatan-mental pada tanggal 6 Februari 2019

 

temukan berbagai makanan sehat di https://www.tokopedia.com/tepeugm diproduksi oleh alumni Fakultas Teknologi Pertanian UGM

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hai, silahkan konsultasikan kebutuhan anda terkait KAGAMATP, kami akan menjawab pertanyaan anda dengan senang hati.

Chat dengan kami di WhatsApp