CAMILAN SEHAT RENDAH KALORI

Ngemil bikin sehat dengan catatan: pilih yang rendah kalori, mengenyangkan dan rasanya enak. “Yang terbaik adalah camilan dari makanan segar, karena kandungan gizi dan keamanannya terjamin,” ujar Dr. dr. Saptawati Bardosono, MSc dari Universitas Indonesia.

Selain buah dan sayur, banyak bahan makanan lain yang cocok untuk camilan. Ada  kacang (nut) seperti almond, kacang mede, walnut; kacang-kacangan (bean) seperti kacang tanah, kedelai, kacang merah. “Buah kering dan biji-bijian seperti kuaci, wijen dan lain-lain, juga oke,” ujar celebrity chef  Edwin Lau.

Buah kering bisa menjadi variasi bila bosan makan buah segar. Dari sisi nutrisi, buah kering sama dengan buah segar, bahkan seratnya lebih tinggi dalam berat yang sama. Kacang-kacangan dan biji-bijian kaya serat, protein dan omega 3. Berbagai jenis kacang bisa dimakan mentah. Bisa disangrai atau di oven, tanpa tambahan garam. Dan, sebaiknya, pilih yang organik.

 

Turunkan kolesterol

Kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung omega 3, lemak sehat yang merupakan bagian dari asam lemak tak jenuh ganda. Biji chia yang hitam kecil dan mengembang bila bertemu cairan, mengandung omega 3 lebih banyak dibanding ikan salmon. Makanan kaya omega 3, dapat menurunkan kadar LDL, kolesterol “jahat” yang bisa  membuat darah mengental dan/atau membentuk ‘kerak’ di pembuluh darah, dan membahayakan kesehatan jantung & otak. Mengonsumsi makanan sumber omega 3 bisa meningkatkan HDL (kolesterol “baik”).

Bisa membuat granola bar. Caranya, “Campur oat (haver) dengan madu, kacang, kacang-kacangan, biji-bijian dan buah kering, panggang dalam bentuk batangan,” ujar chef Edwin. Mirip enting-enting kacang, rasa manisnya dari buah kering dan madu sehingga rendah kalori. Makanan olahan sederhana ini diserap perlahan karena kandungan seratnya tinggi.

Granola bar mudah dibawa-bawa dan bisa dikonsumsi di mana saja. Bila tidak sempat membuat sendiri, di pasaran tersedia semacam granola bar. Perhatikan kandungan kalori dan gulanya. Hindari yang mengandung lemak trans, lemak jahat yang berasal dari pemadatan minyak cair dengan hidrogen (hidrogenasi). Baca label di kemasan, agar ngemil tidak membawa malapetaka. (nid)

Artikel ini pernah di muat di :http://otcdigest.id/topik-kita/camilan-sehat-rendah-kalori pada tanggal 6 Oktober 2016

temukan berbagai makanan sehat di https://www.tokopedia.com/tepeugm diproduksi oleh alumni Fakultas Teknologi Pertanian UGM

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hai, silahkan konsultasikan kebutuhan anda terkait KAGAMATP, kami akan menjawab pertanyaan anda dengan senang hati.

Chat dengan kami di WhatsApp