Belajar ATM dari Kompetitor

Sekarang saatnya kita harus banyak belajar dari kompetitor supaya Anda bisa menguasai pasar.

Dalam semua bisnis, Anda sering dipusingkan oleh aksi-aksi kompetitor. Seringkali ketika mendengar kata “saingan”, secara alami badan Anda akan bereaksi negatif. Namun tahukah Anda ternyata belajar dari kompetitor juga merupakan salah satu cara memenangkan persaingan bisnis?

Dalam buku yang berjudul “Copycats” karangan Professor Oded Shenkarter didapat fakta menarik tentang pentingnya belajar dari kompetitor.

Apabila Anda mengetahui kekuatan diri Anda sendiri, Anda punya kemungkinan menang, namun apabila Anda mengetahui kekuatan lawan dan kekuatan diri sendiri, maka peluang menang Anda sangat besar

“Sun Tzu”.

Amati, Tiru, Modifikasi apa yang dilakukan Kompetitor

Ingatlah bahwa proses ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) bisa Anda terapkan pada bisnis Anda yang sudah berjalan. Anda bisa mengamati dan belajar langsung dari pesaing bisnis yang sama ketika mereka melakukan sesuatu yang sangat berhasil.

Cobalah analisa kenapa mereka berhasil dan apakah sebenarnya hal tersebut masih bisa ditingkatkan lagi. Tiru dan modifikasi apa yang sudah dilakukan oleh kompetitor, tentunya dengan harapan bisa memberi hasil yang lebih besar untuk Anda.

Kompetitor gagal? Pelajari apa yang salah!

Ketika kompetitor gagal, jangan segan untuk belajar dari mereka. Coba analisa kenapa mereka bisa gagal, apakah dari rencananya memang jelek, atau eksekusinya yang berantakan. Jika Anda merasa sebenarnya mereka sudah luar biasa namun eksekusi buruk, maka tidak ada salahnya Anda mengeksekusi rencana yang sama dengan cara yang lebih baik.

Intinya, jangan malu belajar dari kompetitor. Apabila Anda ingin menang, Anda harus melakukan segala hal, selama itu diperbolehkan oleh hukum. Semoga bermanfaat. Salam mendes salam sukses.

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hai, silahkan konsultasikan kebutuhan anda terkait KAGAMATP, kami akan menjawab pertanyaan anda dengan senang hati.

Chat dengan kami di WhatsApp