3 CARA CAIRKAN DAGING BEKU

 

 

Daging, ayam atau ikan beku biasa dicairkan dengan cara meletakkannya di suhu ruangan atau direndam air hangat. Ternyata, hal ini tidak disarankan karena membuat bakteri berkembang sangat cepat.

Ada tiga cara aman yang bisa digunakan untuk mencairkan daging beku, menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat USDA:

  1. Metode kulkas. Tempatkan daging/ayam/ikan beku dalam wadah tertutup, agar tidak tercemar atau mencemari makanan lain. Letakkan di rak kulkas paling bawah, untuk mencegah tetesan air mengenai makanan lain. Cara ini perlu waktu cukup lama. Disarankan memindahkan daging dari freezer malam hari, sehingga esok paginya sudah siap dimasak.
  2. Rendam air. Bungkus daging dengan kantung plasti khusus makanan yang tertutup rapat, misalnya kantung dengan ziplock, agar tidak tercemar bakteri dari luar. Rendam dengan air matang bersuhu keran, ganti air tiap 30 menit agar pencairan terus berjalan.
  3. Microwave. Letakkan daging di wadah tahan panas, lalu panaskan di microwave. Ini cara tercepat, tapi tidak aman karena makanan menjadi hangat dan memasuki suhu “berbahaya”.

 

Daging yang dicairkan dengan cara direndam dan dengan microwave, harus segera dimasak, sebelum disimpan kembali. Bila tidak ada waktu untuk mencairkan daging, masak saja dalam keadaan beku. Menurut USDA cara ini aman, hanya saja waktu memasak jadi lebih lama (nid)

 

 

Artikel ini pernah di muat di :http://otcdigest.id/3-cara-cairkan-daging-beku pada tanggal 1 Februari 2017

Bagikan
  • 36
    Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hai, silahkan konsultasikan kebutuhan anda terkait KAGAMATP, kami akan menjawab pertanyaan anda dengan senang hati.

Chat dengan kami di WhatsApp