Coklat bisa redam stress

 

Valentine berawal pada abad ke-19. Ketika itu  Cadbury Brothers mencoba membuka toko coklat di Inggris pada tahun 1861. Richard Cadbury membuka toko coklat sederhana dan murah yang dijual untuk kalangnan rakyat biasa.

Dia membuka toko tersebut dengan tujuan para rakyat jelata supaya bisa menikmati coklat dan saling bertukar coklat saat merayakan sesuatu. Lalu, dia mencoba membuat coklat berbentuk hati untuk pertama kalinya untuk menyambut perayaan Valentine. Coklat berbentuk hati tersebut laris dijual dan diminati oleh rakyat. Sejak saat itulah coklat selalu identik dengan perayaan Valentine.

Ada beberapa faktor pendukung lainnya yang menguatkan alasan kenapa kado coklat buat pacar adalah hadiah yang tepat untuk perayaan Valentine. Pertama, coklat mengandung senyawa kimiawi yang dapat merangsang hormon di otak untuk selalu bahagia. Jadi, tidak heran jika Anda selalu merasa bahagia setelah mengonsumsi coklat.

Baca juga : Coklat bisa mengurangi serangan jantung.

Suku Maya di Amerika percaya bahwa cokelat membawa pengaruh positif serta pengetahuan dan penilaian baik. Penelitian ilmiah terakhir telah menunjukkan, mengonsumsi cokelat akan membuat daya penglihatan mereka juga lebih baik.

Cokelat sendiri termasuk salah satu makanan yang mudah lumer pada suhu darah atau di bawah suhu tubuh (di bawah 33 derajat Celcius). Hal ini akhirnya membuat cokelat dianggap sebagai bahan makanan yang paling bergizi dan mudah dicerna.

Karena cokelat mengandung banyak vitamin (A1, B1, B2, C, D, dan E) dan beberapa mineral penting (kalsium, potassium, sodium, magnesium, zat besi, zinc, tembaga, krom dan fosfor).

Selain itu, cokelat juga mengandung antioksidan dan flavonoid yang berguna dalam  mencegah radikal bebas yang menjadi penyebab kanker. Antioksidan dan flavonoid merupakan bahan penting bagi aspirin dan mencegah penggumpalan darah.

Lemak coklat sendiri berfungsi sama seperti minyak zaitun dan mengandung mineral esensial yang baik untuk memperkuat tulang, rambut, kuku dan juga kulit. Hal ini juga berguna untuk mencegah penuaan.

Uniknya, cokelat juga dianggap sebagai salah satu makanan yang dapat mengusir stres. Menurut penelitian dari Universitas California, Sandiego School of Medicine, Beatrice Golomb, orang yang stres, mulai dari tingkat stres ringan hingga depresi, mengaku makan cokelat saat suasana hati mereka drop.

Ternyata, cokelat mengandung molekul psikoaktif yang dapat membuat pemakan cokelat merasa nyaman. Beberapa kandungan cokelat seperti caffeine, theobromine, methyl-xanthine dan phenylethylalanine dipercaya dapat memperbaiki mood, mengurangi kelelahan sehingga bisa digunakan sebagai obat anti-depresi.

Gimana gaes…? Masih ragu dan berasa mahal beli coklat? Jangan kawatir, kemasan es coklat atau coklat panas segelas cuman Rp 5.000 di Mendes Mangkubumi.

Bagikan
  • 15
    Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hai, silahkan konsultasikan kebutuhan anda terkait KAGAMATP, kami akan menjawab pertanyaan anda dengan senang hati.

Chat dengan kami di WhatsApp