Embrio Plaza FTP

Apakah nama itu cocok? Entahlah…namun eksen kearah sana sudah dimulai, bukan hanya sebatas wacana mimpi akan punya semacam Plaza Agro…?

Saat rapat terbatas e-commerce Kagamatp kemarin Senen 14/1/19 di kantor alumni ftp UGM, sebenarnya saya hanya dilapori progresnya oleh kumendannya yaitu mbak Nungky,  bahwa sekarang e-commerce di handle oleh 2 orang admin.

Memang, idealnya sebuah situs e-commerce itu digawangi oleh 3 orang admin. Seorang sebagai tukang bikin konten baik storry telling atau video, seorang tukang share dan promosi ke berbagai media, dan seorang lagi mentelengin respons pembeli. Hal ideal begini jika transaksi nya sudah padat. Semoga segera tercapai. Amin.

System sudah terpasang numpang di Tokopedia, Shopee dan Bukalapak dengan 3 link yang berbeda. Kita tetap komit bahwa ini situs e-commerce dengan satu base di Yogya yaitu di kantor alumni Kagamatp atas fasilitas Fakultas Teknologi Pertanian.

Kontrak kerja admin dan job description sudah diteken kedua belah pihak. Idenya memanggil kami dalam rangka untuk mengkaitkan situs ke dalam web Kagamatp. Tentu kita sambut dengan sukacita karena otomatis akan meningkatkan traffic pada web Kagamatp. Dan hari ini sudah manis kita tautkan linknya sehingga lebih easy to click.

Tugas saya adalah mengetes system’ yang sudah terpasang manis dengan ngeklik menu ecommerce dan kemudian pilih submenu Tokopedia, yaitu transaksi pembelian 5 kg tepung Crispy untuk dikirim via Gojek ke mi lethek Mbah Mendes Meguwo.

Transaksi sampai transfer bayar selesai mulus tereksekusi, Tokopedia memberi notifikasi bahwa pembelian sudah dibayar. Giliran kirim barang, kami semua jadi tercengang karena tak ada stock di base camp, sebetulnya eksekusi panggil courier, yang dalam hal ini pilih Gojek bisa ditunda tetapi tidak bisa lama.

Dalam test ini sengaja kita panggil Gojek untuk kirim barang ke alamat mi Mendes Maguwoharjo, barang terpaksa kita ganti yang penting terkirim untuk menguji system’.

Begitu barang diterima pembeli, baik Tokopedia maupun Gojek sebagai courier memberi notifikasi via email dan WA bahwa barang sudah diterima, system’ berjalan bagus, Good job bro…

Kesimpulan, e commerce sudah siap running. Dengan catatan kedua admin harus sedia stock barang di base camp. Kecuali jika courier milih G&T maka pihak kurir akan ngiter ambil barang di Yogya (potensi kendala macet mengingat limit waktu terbatas).

Dengan kantor alumni sebagai base yang berfungsi sebagai stokist ini merupakan embrio sebuah plaza ftp, dimana alumni dosen dan staf ftp UGM pun bisa transaksi secara offline. Nungky segera bawa freezer kecil untuk sediakan stock produk BeeJay di kantor alumni.

Silahkan kunjungi e-commerce kita dengan ketik Kagamatp di kolom  pencarian Google.
selain itu bagi teman” alumni yang ingin produknya ditawarkan kedalam e-commerce kita, boleh hubungi admin ke WA 081227492128 dengan syarat dan kententuan berlaku.

Monggo didukung belanja online maupun offline bisa ke kantor alumni ftp UGM.

Salam sukses

Bagikan
  • 9
    Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hai, silahkan konsultasikan kebutuhan anda terkait KAGAMATP, kami akan menjawab pertanyaan anda dengan senang hati.

Chat dengan kami di WhatsApp