5G Bakal ubah Dunia secara Radikal

Sepertinya hanya ada 2 cara untuk mengubah dunia secara radikal, yaitu

1. Dengan regulasi

2. Dengan teknologi

Kalo bicara soal regulasi, itu domain nya pemerintah. Domainya swasta adalah dengan teknologi.

Nah teknologi zaman now sudah pada level bisnis aplikasi. Coba renungkan betapa radikalnya aplikasi berikut :

Uber – bisnis taxi tapi gak punya taxi, betul?
Gojek-ojek online gak punya motor
FB – jualan konten gak pernah bikin konten?
IG – jualan photo gak pernah pajang photo?
Toped- jualan barang gak punya stock?
Rbnb-jualan kamar nggak punya hotel.

Aplikasi teknologi sehingga bisnis anda tampil di kotak kecil bernama smart phone adalah suatu keniscayaan. Terserah anda mau pilih mana, berubah mengikuti arus perkembangan teknologi atau kekeh bertahan terhadap gerusan jaman.

Setelah 4G kita rasakan signifikan kecepatan aksesnya, ke depan muncul 5G yang akan mendorong kecerdasan buatan, Internet of Things, dan mengubah dunia selamanya.

Istilah AI, robot, virtual reality, augmented reality sudah tidak lagi terdengar asing di telinga kita, bagaimana dengan 5G? Ya, 5G adalah salah satu yang secara pasti dan radikal akan mengubah dunia, namun tidak banyak yang membicarakan  istilah ini.

Menurut MIT Technology Review, 5G adalah “pergeseran paradigma teknologi, mirip dengan pergeseran dari mesin tik ke komputer.”

Sementara itu Gordon Moore memprediksikan bahwa kecepatan pemrosesan akan berlipat ganda setiap 18 bulannya dengan harga yang lebih rendah.

5G akan menjadi lompatan terbesar dalam kecepatan pemrosesan sejak komputasi dimulai, dan 5G diperkirakan akan menjadi 20 kali lebih cepat daripada 4G.

Dampaknya tidak sekedar proses yang menjadi lebih cepat, 5G adalah teknologi yang sepenuhnya berbeda, memanfaatkan frekuensi radio baru dan panjang gelombang yang lebih pendek, menyediakan tingkat konektivitas dunia yang belum pernah terlihat.

Begitulah kondisi bisnis dan industri yang terus bergerak dinamis didukung oleh perkembangan teknologi yang kian maju.

Tidak ada toleransi, era ini hanya didedikasikan untuk mereka yang siap, lincah, dan ramping. Kita tidak bisa menghindar dari pergeseran yang membuat kondisi menjadi agak kabur, kompleks, dan cepat berubah.

Singkatnya, sebagai pelaku bisnis kita harus siap dengan era baru ini. Kita harus menciptakan cara baru agar tidak terdisrupsi. Jika kemarin kita hanya berbicara tentang produktivitas dan efisiensi dalam bisnis, maka hari ini kita tidak bisa hanya fokus dengan dua hal tersebut. Kita perlu memiliki rencana baru, strategi baru, inovasi baru untuk merelevankan bisnis. Apa yang harus kita siapkan?

Nah, untuk membantu perusahaan para alumni Kagamatp berhasil melewati berbagai tantangan bisnis ini, Kagama bisnis rutin akan menggelar bincang bisnis, bukan begitu sebaiknya?

Haha…
Salam Mendes

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hai, silahkan konsultasikan kebutuhan anda terkait KAGAMATP, kami akan menjawab pertanyaan anda dengan senang hati.

Chat dengan kami di WhatsApp