Menjual data macet dan hujan

Liburan sudah berlalu, tapi menyisakan renungan yang mendalam di benak hanya karena masalah yang kelihatan nya sepele.

Sangat sederhana, khususnya untuk zaman now yang berurusan dengan pengiriman pesanan, via Ojol, tapi bikin panik, marmos dan jengkel seraya tak berdaya.

Sehabis Natal harus kirim pesanan dari Gondomanan ke sekitaran Superindo jakal pake mobil aplikasi karena cukup banyak. Kebutuhan yang sangat lumrah bukan? Hanya kaget saja kog ongkos nya jadi Rp 80 an ewu lantaran macet kilahnya.

Itupun sudah ditolak-batalkan oleh driver sebanyak 3x baru driver yang ke 4 mau ngantar dengan biaya sebesar itu.

Setelah konfirmasi dengan pemesan bahwa ongkir segitu terpaksa dia setujui, ya sudahlah kita ikutin, pesanan kita proses kirim kan. Mau apalagi? Tak ada ruang untuk protes!

Rasa penasaran menjadi membuncah ketika baru saja iseng kita cek di aplikasi, dengan tujuan yang sama seusai liburan, tarip normalnya cuma Rp 32.000. Naik 300% mbree…

Tarip Ojol juga demikian ketika hujan lebat penuh bledeg dan kilatan halilintar Gondomanan – Gedung Wanita jln Solo yang biasa Rp 9.000 menjadi Rp 35.000.

Aplikasi transportasi pun tak luput dari tuslah, lepas apakah tercantum di aplikasi ataupun tidak, buktinya tarip naik tajam, mereka menjual data kemacetan dan hujan!

Solusi yang tidak sepenuhnya tepat adalah tunggu sampai hujan mereda, atau tunggu sampai kemacetan terurai, tetapi sampai seberapa lama? Inilah yang gak pasti.

Aplikasi otomatis akan menaikkan tarif pada kondisi dan situasi emergency seperti hujan, macet, kelangkaan driver dll. Ketika kondisi sudah normal kembali maka tarif kembali normal, canggih bukan?

Bagaimana dengan bisnis mu? Bisa menjual value yang lain seperti menjual view? Menjual suasana? Menjual menu sehat?  Menjual branding yang lain?.

Berpantas dirilah untuk itu…
Haha…
#salammendes

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hai, silahkan konsultasikan kebutuhan anda terkait KAGAMATP, kami akan menjawab pertanyaan anda dengan senang hati.

Chat dengan kami di WhatsApp