Kismis Cegah Gigi Berlubang

Makanan manis = tidak sehat dan bikin gigi rusak? Bisa ya, namun bisa pula tidak. Tergantung makanan manis seperti apa yang dimakan. Manisnya kismis ternyata dapat mencegah gigi berlubang.

Para peneliti di Universitas Illinois, Chicago, Amerika Serikat, menemukan bahwa senyawa dalam kismis dapat melawan bakteri penyebab gigi berlubang dan penyakit gusi. Senyawa tersebut yakni oleanolic acid, oleanolic aldehyde, betulin, betulinic acid, dan 5-(hydroxymethyl)-2-furfural; kelimanya adalah fitokimia, antioksidan pada tanaman.

“Kismis adalah camilan manis dan lengket, di mana selalu dihubungkan sebagai penyebab kerusakan gigi. Tapi penelitian kami menunjukkan fitokimia kismis justru melawan bakteri mulut,” papar Prof. Christine D. Wu, pemimpin penelitian tersebut sebagaimana dilansir dari laman webmd.

Oleanic acid menghambat pertumbuhan bakteri S. mutans penyebab gigi berlubang dan Porphyromonas gingivalis penyebab penyakit periodontal. Senyawa ini juga menblok S. mutans melekat pada permukaan gigi, sehingga mencegah pembentukan plak. Plak adalah lapisan lengket yang berisi bakteri, yang akan melepaskan asam sehingga merusak gigi.

Ternyata kismis juga memiliki manfaat kesehatan lain, seperti membantu meringankan sembelit. Kandungan seratnya akan menyerap air, sehingga feses (tinja) tidak keras. Camilan dari anggur kering ini juga kaya potasium dan magnesium, yang sangat baik untuk menetralkan asam di tubuh (acidosis) penyebab berbagai penyakit seperti rematik dan kanker.

Kandungan zat besi dan vitamin B kompleks, dapat membantu mengatasi anemia. Untuk kesehatan tulang, kismis memberikan kalsium dan boron, mikronutrisi yang sangat penting untuk pembentukan tulang dan penyerapan kalsium. Tidak kalah penting, kismis mengandung arginin, asam amino yang dapat menstimulasi libido dan mengatasi masalah ejakulasi.

Perlu diperhatikan, mereka yang bertubuh gemuk sebaiknya membatasi konsumsi kismis karena kandungan fruktosa dan glukosanya cukup tinggi. Bagi mereka yang senang berpetualang, kismis cocok sebagai bekal di perjalanan. Pilih kismis yang tidak ditambah gula. (nid-jie)

Artikel ini pernah di muat di : http://www.otcdigest.id/info-sehat/kismis-cegah-gigi-berlubang pada tanggal 01 Juli 2017

Bagikan
  • 13
    Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hai, silahkan konsultasikan kebutuhan anda terkait KAGAMATP, kami akan menjawab pertanyaan anda dengan senang hati.

Chat dengan kami di WhatsApp