5 Alasan Menyantap Jamur

Siapa tidak kenal jamur. Tumbuhan yang lekat dengan kuliner Jepang dan China ini ternyata sangat kaya manfaat. Setidaknya, ada lima alasan untuk mengonsumsi jamur.

Pertama, sangat baik bagi Anda yang sedang diet. Jamur tidak mengandung kolesterol dan lemak; sebaliknya kaya akan serat, yang membuat kita cepat kenyang. Protein bebas lemak pada jamur membantu membakar kolesterol di tubuh.

Kedua, jamur bagus untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Kandungan potasium yang tinggi dan rendah sodium, membuatnya cocok bagi penderita tekanan darah tinggi. Jamur juga memberikan 20-40% kebutuhan tembaga harian. Tembaga dan potasium adalah esensial untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Ketiga, jamur merupakan sumber selenium sehingga dapat mencegah kanker. Semua jenis jamur, khususnya jamur kancing putih, dapat mencegah kanker prostat dan payudara. Jamur segar dapat menghentikan kerja senyawa kimia (5-alpha-reductase dan aromatase) yang bertanggung jawab terhadap pertumbuhan sel-sel tumor ganas. Dari hasil studi, ekstrak jamur kancing segar dapat mengurangi ukuran tumor ganas.

Keempat, Ingin meningkatkan sistem imun? Jamur terutama jenis Crimini, sangat kaya akan zinc, yang amat dibutuhkan untuk pembentukan sistem imun. Dalam pengobatan tradisional Jepang dan China, jamur Shiitake digunakan untuk menyembuhkan flu. Jamur ini ternyata mengandung lentinan yang turut memperkuat sistem imun.

Kelima, jamur mengandung ergothioneine, antioksidan yang penting untuk kesehatan mata, ginjal, sumsum tulang, hati dan kulit, di samping kandungan riboflavin dan selenium. Senyawa-senyawa kimia ini memperkuat sistem imun, melindungi tubuh dari efek radikal bebas sehingga memperlambat proses penuaan (aging). (nid)

Artikel ini pernah di muat di :http://www.otcdigest.id/info-sehat/5-alasan-menyantap-jamur pada tanggal 21 Agustus 2017

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hai, silahkan konsultasikan kebutuhan anda terkait KAGAMATP, kami akan menjawab pertanyaan anda dengan senang hati.

Chat dengan kami di WhatsApp