Penyimpanan Daging Segar

Daging sangat mudah rusak, sehingga diperlukan penyimpanan yang tepat. Sebelum disimpan sebaiknya daging dipotong-potong sesuai kebutuhan yang diperlukan saat memasak, dihilangkan bagian lemak atau tulang ,kemudian dikemas dalam plastik.

Sebelum disimpan dalam freezer, daging sebaiknya disimpan dalam pendingin terlebih dahulu selama 4-5 jam. Penyimpanan dalam freezer menggunakan suhu (- 18 oC) atau lebih kecil. Jika daging akan disimpan dalam freezer lebih dari dua minggu, harus dibungkus dengan pembungkus yang lebih tebal. Daging dalam jumlah besar tidak di bekukan pada satu waktu, karena ini akan menaikkan suhu pembekuan. Selain itu daging tidak ditumpuk di atas yang lain sampai bentuk beku, karena hal ini akan menghasilkan pembekuan yang kurang sempurna.

Pada saat akan digunakan, daging yang sudah beku segera di-thawing dengan cara tempatkan daging tersebut dalam almari pendingin selama 24 jam baru kemudian pada suhu kamar. Jangan pernah menempatkan pada air mengalir demikian juga jangan merendamnya di dalam air untuk mempercepat thawing, karena hal ini dapat menyebabkan daging menjadi keras saat dimasak. Pertahankan plastik pembungkus daging tersebut selama thawing. Jangan membekukan kembali daging yang sudah di-thawing.

Semua daging segar, kecuali daging yang di-curing dan siap dimakan, tidak akan turun kualitasnya jika digunakan dalam periode waktu yang disarankan. Preparasi sebagian daging sebelum dibekukan dapat menghemat waktu thawing dan preparasi makanan. Misalnya daging giling dapat dibuat bola-bola daging, burger datau dapat dipotong sesuai dengan penggunaan sebelum dilakukan pembekuan. Semua daging segar yang akan disimpan dapat menghemat ruang pembekuan jika lemak dan tulangnya dihilangkan terlebih dahulu sebelum dibekukan

Henny Krissetiana 78
Sumber gambar : https://abonanugrah.wordpress.com/2012/02/27/tips-memilih-daging-yang-sehat-dan-segar/n aman sehat

Bagikan
  • 7
    Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hai, silahkan konsultasikan kebutuhan anda terkait KAGAMATP, kami akan menjawab pertanyaan anda dengan senang hati.

Chat dengan kami di WhatsApp