Manfaat Sayuran “Berhelm”

Sayuran berhelm ? Yak, yang dimaksud adalah tauge. Tauge (kecambah) merupakan sayuran yang sering kita temui pada cah kangkung, rawon atau pecel. Selain memberikan rasa “crunchy” saat digigit, tauge memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

1. Mencegah kanker

Tauge muda (berusia 3 hari) mengandung enzim glucoraphanin 10 – 100 kali lebih banyak dibanding tauge yang sudah tua. Enzim ini membantu memerangi tubuh dari zat-zat kimia dan karsinogen penyebab kanker.

Menurut Dr. Mercola’s Total Health Program menyantap tauge berarti memasukkan klorofil ke dalam tubuh. Di mana akan menciptakan lingkungan tak kondusis bagi patogen untuk hidup. Sekaligus merangsang proses detoksifikasi tubuh; membuang zat-zat racun dan patogen yang berpotensi menyebabkan penyakit, termasuk kanker.

2. Mencegah eosteoporosis penyakit kardiovaskular

Tauge menurut the Linus Pauling Institute memiliki kandungan vitamin K yang tinggi. Dalam satu mangkuk tauge mentah terkandung 34 mikrogram vitamin K; setara dengan 28% kebutuhan harian tubuh. Ia juga sumber estrogen alami yang turut membantu mencegah pengeroposan tulang.

American Journal of Clinical (2009) juga mencatat vitamin K dalam tauge baik dalam mencegah pembentukan kalsium di pembuluh darah jantung. Artinya konsumsi dalam jumlah cukup mampu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular (jantung dan stroke).

3. Meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh

Kandungan saponin pada tauge akan memperbaiki sistem pertahanan tubuh, terutama dengan meningkatkan aktivitas sel-sel pembuluh darah alami, khususnya limfosit T-sel serta interferon. Tauge berlimpah akan kandungan anti-oksidan yang berguna memerangi radikal bebas.

4. Kecantikan kulit

Tauge dapat menjadi makanan yang berperan besar untuk menyegarkan serta melembutkan kulit Anda. Ini karena tauge mengandung vitamin E dalam jumlah besar. Vitamin E adalah anti-oksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari serangan radikal bebas.

Artikel ini pernah di muat di : http://www.otcdigest.id/info-sehat/manfaat-sayuran-%E2%80%9Cberhelm%E2%80%9D pada tanggal 20 Juli 2017

Bagikan
  • 16
    Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hai, silahkan konsultasikan kebutuhan anda terkait KAGAMATP, kami akan menjawab pertanyaan anda dengan senang hati.

Chat dengan kami di WhatsApp