7 Hobi “Sepele” Ini Menghasilkan Uang

Hai Sahabat TP, apa yang dilakukan orang saat jenuh melanda? Membuka ponsel, mencari berita online atau berhaha hihi di grup WA? Kedua hal yang sangat bisa melunakkan kejenuhan. By the way, ada lagi lho yang bisa dilakukan. Salah satunya melakukan hobi. Kegiatan sepele yang sangat menyenangkan karena kita menyukainya.

Ngobrolin hobi, tahukah Kamu, memaksimalkan hobi bisa menghasilkan hal-hal di luar dugaan. Salah satunya dapat mendatangkan tambahan penghasilan. Aha, ada yang sudah melakukannya?
Nah, hobi apa saja sih yang bisa mendatangkan duit ini? Yuk, cekidot deh di sini:

1. Melukis
Dunia melukis ini cakupannya luas banget. Bisa jadi animator. Suka baca komik? Bikin saja komik sendiri, gambar sendiri. Street art yang merajalela, dari mural hingga graffiti ataupun mendesain sampul buku, mendesain kaos bahkan iklan.

2. Fotografi
Buat kamu yang suka dunia motret memotret ini silakan saja digeluti dengan serius. Ambil foto di tempat keren atau lain daripada yang lain. Menjadi fotografer lepas sebuah media atau posting di media sosialmu. Banyak spot foto menarik yang membuka jalan keuangan ini. Karena Kamu juga bisa endorse banyak tempat wisata. Keren bukan?

3. Menari
Ada yang suka menari? Hobi yang sudah agak-agak langka ini musti dilestarikan lho. Dengan keahlian ini, Kamu bisa membuka sanggar tari dan melatih anak-anak menari. Karena jarang, bisa sangat menarik minat mereka.

4. Main Game
Banyak orang tua melarang anaknya main game. Banyak waktu terbuang percuma. Eits tunggu dulu, dengan momen yang tepat dan pas. NasIhat yang luar biasa, game bisa menghasilkan uang lho. Banyak gamer yang sukses di dunianya karena menekuni game ini. Jangan hanya ambil negatifnya, yang positif juga banyak kok.

5. Memasak
Wah, kalau ini sih sudah banyak buktinya. Termasuk Mas Mendes, hobi memasak ini memunculkan banyak inspirasi bisnis kuliner. Meski tidak  mudah, tapi bisnis kuliner ini tidak sulit juga. Yang penting nggak usah dibatin saja, atau hanya direncanakan semata. Banyak rencana no action ya podo wae. Lakukan saja.

6. Memelihara burung
Aha, spesifik banget ya. Yang lagi ngetrend kekinian dan nggak ada bosannya memelihara hewan yang suka berkicau ini. Dari yang namanya hobi bisa jadi tambahan penghasilan lumayan. Beragam event kicau mania, sampai hal-hal sepele. Sangkarnya, makanannya, cara memelihara dan lain sebagainya. Bisa dijadikan bisnis keren.

7. Menulis
Ini daku banget, buat yang suka dengan dunia literasi bisa lho mulai memaksimalkan hobi dari menulis. Ada banyak sekali cakupan dunia kepenulisan yang bisa mendatangkan tambahan income. Nggak hanya nulis buku. Bisa menulis berita di media online dan offline, sebagai freelance writer, blogger, menulis skenario, menulis novel. Menulis apa saja yang bisa ditulis. Dalam setiap langkah, selalu ada kisah, cinta dan Tuhan. Jadi, mengapa disimpan sendiri? Tulislah dan semoga bisa bermanfaat buat orang lain.

Masih banyak sekali hobi sepele tapi keren. Berkebun, bela diri, musik dan lain sebagainya. Maksimalkan saja, di suatu titik atau momen tertentu, itu akan bermanfaat banget.
Salam yang merindukan hujan di kemarau ini, yes.

Wahyu Widyaningrum 95
Sumber gambar: https://www.freeimages.com/search/photografer

 

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hai, silahkan konsultasikan kebutuhan anda terkait KAGAMATP, kami akan menjawab pertanyaan anda dengan senang hati.

Chat dengan kami di WhatsApp