Kacang dan Jerawat Bukan Sejawat

Semua orang pasti kenal dengan yang bernama jerawat, dari remaja sampai orang dewasa selalu was-was jika sempat dihampiri olehnya, terutama para remaja putri sangat ‘parno’ (paranoid) kepadanya. Siapa sih sebenarnya si jerawat itu, apa penyebabnya? Benarkah kacang tanah menjadi biang keladinya?

Jerawat adalah satu jenis masalah yang timbul di kulit, yang ditandai dengan munculnya bintik-bintik pada beberapa bagian tubuh, seperti wajah, leher, punggung, dan dada bagian atas. Bintik-bintik tersebut dapat berkisar mulai dari yang ringan, hingga bintik-bintik parah yang berisi nanah.

Penyebab timbulnya jerawat adalah karena peningkatan kadar androgen di tubuh, androgen adalah hormon yang muncul seiring datangnya masa pubertas dan memacu kelenjar minyak yang ada di kulit untuk makin aktif berproduksi. Akibatnya, selain pori-pori kian membesar, kadar minyak di kulit pun meningkat, sehingga kulit lebih rentan terhadap kotoran dan bakteri penyebab jerawat.

Selain karena perubahan hormon, munculnya jerawat juga dipengaruhi oleh beberapa faktor lain, yaitu:
• Faktor keturunan, anak yang berjerawat bisa jadi dikarenakan orang tuanya juga berjerawat
• Efek samping penggunaan kosmetik
• Iritasi akibat benda yang dikenakan (misal: ikat kepala, sering memakai ransel, punggung menjadi rentan)
• Merokok / minuman beralkohol
• Stres
• Efek samping obat-obatan ( misal: suplemen vitamin B-2, B-6, dan B-12)
• Bakteri dan polusi udara.

Sesungguhnya jerawat timbul lebih disebabkan karena reaksi biologis yang terjadi di balik permukaan kulit, yang kemudian mampu merangsang kelenjar minyak yang ada di kulit, untuk memproduksi lemak secara lebih aktif, dan muncullah bintik-bintik jerawat. Jadi kenapa menjadikan kacang tanah sebagai biang keladi jerawat?

Faktanya, kacang tanah merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang memiliki gizi terbaik, sebanding dengan manfaat kacang kedelai. Kandungan lemak dalam kacang tanah hanya terdiri dari 19% lemak jenuh, sedangkan sisanya 81% adalah lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda.

Hal ini pula lah yang kemudian menjadi salah satu alasan kenapa kacang tanah justru diklaim memiliki peran penting bagi kesehatan, karena lemak tak jenuh tunggal maupun ganda yang terkandung di dalamnya merupakan lemak yang baik, yang justru mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Beberapa Alasan Manfaat Kacang Tanah Bagi Kecantikan
Selain memuaskan rasa lapar, konsumsi kacang tanah ternyata juga bisa membuat kulit halus, lembut, serta tampak lebih muda. Beberapa manfaat kacang tanah untuk kulit, antara lain:
• Asam lemak dalam kacang tanah dapat mengurangi pembengkakan dan kemerahan kulit. Kandungan vitamin C, zink, dan magnesium akan menjaga kulit bersih dari dalam, dan menekan bakteri yang menyebabkan jerawat. Kandungan protein dalam kacang juga membantu regenerasi sel.

• Kacang tanah mengandung sejumlah asam lemak yang diyakini penting untuk sel-sel saraf otak. Sel otak ini akan membantu mengontrol stres dan perubahan suasana hati, juga untuk mencegah berbagai gangguan kulit, seperti: keriput, garis halus, dan kusam.

• Serat yang terkandung dalam kacang sangat penting untuk mengeluarkan racun-racun dalam tubuh yang menjadi penyebab kulit kusam dan berminyak, sehingga konsumsi kacang secara teratur dapat membuat kulit lebih sehat.

• Kacang mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut. Kacang tanah berisi asam lemak omega 3 yang tinggi, untuk memperkuat folikel kesehatan kulit kepala dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

• Kacang tanah merupakan sumber arginin, yaitu asam amino yang sangat membantu untuk mengobati kebotakan pada pria dan mendorong pertumbuhan rambut sehat. Zat ini juga menyehatkan dinding usus untuk meningkatkan aliran darah. Aliran darah yang lancar ke seluruh tubuh adalah penting untuk mendapatkan rambut yang sehat dan kuat.

Meskipun kacang tanah,
diklaim memiliki manfaat bagi kesehatan,
tapi sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan,
selalu terapkan pola makan yang seimbang,
sayur-sayuran dan buah-buahan jangan abaikan,
agar didapatkan manfaat kesehatan yang lebih optimal…

Sotja Prajati 73
Referensi:
klikdokter.com
alodokter.com
manfaat.co.id
sumber gambar : https://www.everydayhealth.com/news/eat-peanuts-live-longer/

Bagikan
  • 7
    Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hai, silahkan konsultasikan kebutuhan anda terkait KAGAMATP, kami akan menjawab pertanyaan anda dengan senang hati.

Chat dengan kami di WhatsApp