Bagaimanakah Penyajian Makanan yang Baik?

Makanan yang telah diolah sebaiknya segera dikonsumsi, apabila tidak segera dikonsumsi dan hanya dibiarkan di suhu kamar, maka cemaran bakteri yang berasal dari wadah, lingkungan (debu, lalat), tangan manusia, mulai berkembang berlipat ganda. Jenis makanan yang paling disukai oleh mikroorganisme sehingga bakteri segera dapat berkembang biak dengan cepat adalah makanan yang basah, dengan nilai pH netral, bergizi tinggi, khususnya bahan berprotein.

Beberapa makanan kuliner yang basah berkuah, sangat mudah rusak, seperti soto, nasi liwet, dll. Pertumbuhan bakteri lebih lambat pada jenis makanan ini, asam, kering, dengan kadar gula yang tinggi.

Makanan yang disajikan tanpa dipanaskan atau dengan mencampur bahan masak dan bahan segar, mikroorganisme yang berasal dari bahan segar akan mengkontaminasi seluruh masakan, dan berkembang biak dengan cepat.

Makanan yang telah siap disajikan sesegera mungkin dihidangkan untuk disantap, sehingga lebih segar, nikmat dan aman. Agar makanan tetap aman saat dikonsumsi maka kaidah-kaidah sanitasi dan higiene yang baik saat menyajikan makanan harus dipenuhi. Peralatan penyajian harus memenuhi persyaratan kebersihannya, karyawan yang manangani masakan harus sehat dan bersih, serta lingkungan juga dijaga kebersihannya.

Bakteri mampu tumbuh mulai dari suhu 4 °C sampai dengan 60 °C. Pada suhu rendah pertumbuhan berlangsung lambat, dan semakin tinggi suhu nya pertumbuhan berangsur-angsur semakin cepat, pada suhu sekitar 37-40 °C pertumbuhan sangat cepat sekali, sedang pada suhu yang semakin tinggi, pertumbuhan akan mulai terhambat lagi, sampai akhirnya pada suhu sekitar 60 °C, bakteri pada makanan tidak ada lagi yang mampu tumbuh.

Didasarkan pada suhu konsumsinya, makanan dapat dibagi menjadi 3 kelompok, pertama adalah makanan yang dikonsumsi saat panas, kedua, dikonsumsi pada suhu ruang, dan yang ketiga dikonsumsi saat suhu dingin. Makanan yang dikonsumsi saat panas, dan disajikan pada suhu >60 °C adalah aman dari potensi bahaya mikrobiologis.

Makanan yang disajikan dingin, suhu saat penyajian harus tetap dingin <4 °C untuk menjaga agar bakteri (patogen) tidak tumbuh. Sedang makanan yang disajikan dan dikonsumsi pada suhu ruang, perlu mendapat perhatian lebih serius, dikarenakan pada suhu ruang, bakteri akan berkembang biak dengan cepat pada makanan.

Saat penyajian juga harus mempertimbangkan terjadinya pertumbuhan bakteri. Seperti diketahui bahwa pada kondisi yang cocok satu sel bakteri dapat berkembang biak menjadi dua hanya dengan waktu 20 menit. Maka setiap satu sel bakteri akan tumbuh menjadi 300 ribu sel selama 6 jam atau menjadi 2 juta sel dalam tempo tujuh jam.

Oleh karena itu, makanan siap saji yang dibiarkan begitu saja lebih dari enam jam sebaiknya tidak dikonsumsi lagi – atau dilakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum konsumsi untuk membunuh bakteri yang jumlahnya sudah berlebihan dan juga potensi racun yang dihasilkan oleh patogen.

Endang Sutriswati Rahayu 73
Sumber gambar: https://www.gabynyrestaurant.com/

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hai, silahkan konsultasikan kebutuhan anda terkait KAGAMATP, kami akan menjawab pertanyaan anda dengan senang hati.

Chat dengan kami di WhatsApp