Guyub Sak Warege

Sebuah perhelatan telah usai digelar, tepatnya pada hari Sabtu, tanggal 14 Juli 2018 pukul 13.15, namun hingga detik ini, kemeriahan dan keceriaan suasananya belum mampu sirna dari ingatan. Masih terbayang wajah-wajah sumringah karena bertemu teman-teman yang entah sudah berapa lama tak saling berjumpa….

Masih terngiang di telinga, tegur-sapa, oceh-celoteh, dan tawa-canda mereka,
Masih terpampang jelas dalam ingatan keriangan saat bergoyang maumere dengan versi se-maumere-ka…

Benar-benar sebuah kenangan yang penuh arti dimana ada kebersamaan yang tulus, kebahagiaan yang tidak dibuat-buat, tanpa pamrih, lepas tanpa beban..

Itulah sekilas ilustrasi dari perhelatan Halal bi halal atau Syawalan yang diselenggarakan oleh KAGAMA TP dan dihadiri oleh alumni Fakultas Teknologi Pertanian UGM, lintas angkatan, lintas daerah, bahkan lintas negara.

Secara kronologis awal mula acara tersebut adalah gagasan ketua KAGAMA TP Pusat yang ingin berbagi kebahagiaan melalui gebrakan makan ikan sebagai salah satu pangan yang sehat, yang disantap dalam suasana ‘guyub sak warege’, serta mengingat bahwa KAGAMA TP Pusat yang belum genap satu tahun usianya ini sangat perlu untuk memperkenalkan diri kepada seluruh anggota yang tersebar di seantero jagad raya ini.

Disamping itu, gagasan ini sebenarnya juga bertujuan untuk dijadikan sebagai uji coba bagi gagasan lain yang lebih besar yang akan digelar pada acara peringatan lustrum ke XI FTP UGM di bulan September 2018, yaitu menghadirkan menteri KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan), ibu Susi Pudjiastuti, sehingga sebelum bulan September gagasan uji coba ini harus dapat terlaksana.

Bertepatan dengan bergulirnya gagasan uji coba, datanglah bulan Syawal dan hari raya fitri, sehingga gagasan tersebut seolah mendapatkan momen yang pas untuk dijadikan sebagai penarik tali batin para alumni agar mau pulang kandang, menyambung kembali tali silaturahim.

Mulailah segenap pengurus pusat KAGAMA TP bergerak bersama, berupaya mewujudkan gagasan tersebut, dan berburu dengan waktu, karena bulan syawal tak mungkin diminta untuk mengundurkan kehadirannya, serta tidak mungkin mengundurkan lustrum FTP menjadi bulan sesudah September. Maka ditetapkanlah tanggal 14 Juli sebagai momen uji nyali ‘pesta ikan, guyub sak warege’.

Berkat bantuan teknologi komunikasi yg canggih, dalam kurun waktu sekitar satu bulan telah dapat terjaring sebanyak 315 orang alumni yang ‘menyatakan’ bersedia hadir dalam acara HBH KAGAMA TP. Berkat kesigapan tim urusan konsumsi yang ikhlas kerja keras mulai dari penyiapan bahan baku ikan, yang merupakan perolehan gratis dari seorang eksportir ikan laut dalam, yang juga merupakan salah satu ketua KAGAMA TP Pusat, ikan-ikan tersebut harus dibawa dalam keadaan segar dari Probolinggo, sehingga perlu pemikiran tentang tranportasi Probolinggo – Jogja, juga penunjukkan juru masak (chef) dari hotel-hotel berbintang di DIY, berikut pemberian briefing tentang menu yang akan disajikan, semua itu tentu bukanlah tugas yang ringan.

Berkat kerjasama yang baik dengan pihak FTP, terutama bu Dekan dan jajarannya dalam hal penyiapan tempat serta perlengkapan lainnya.

Alhamdulillah, puji syukur ke hadirat Allah Yang Maha Kuasa, akhirnya perhelatan ‘pesta ikan, guyub sak warege’ dapat terwujud, pada tanggal 14 Juli 2018, dimulai dari jam 09.00 sampai jam 13.15 bertempat di Auditorium Kamarijani – Soenjoto FTP UGM. Secara keseluruhan, acara dapat berlangsung dengan lancar, dan sukses sesuai rencana.

Dari 315 orang alumni FTP yg telah mendaftar, ada sekitar 300 orang yang hadir, meskipun banyak alumni tidak mendaftar namun terlihat jejak digitalnya pada foto saat pesta ikan. Ini terbukti bahwa 96,5 kg ikan yang dijadikan 350 porsi ludes tersantap. Peserta terdiri dari angkatan 1963 yaitu tahun berdirinya FTP sampai angkatan 2014 untuk jenjang Sarjana dan beberapa alumni dari jenjang Magister dan Doktor, sehingga ada perwakilan dari sekitar 51 angkatan yang hadir, dengan daerah sebaran domisili mulai dari Jawa, luar Jawa, Bali, Arab Saudi, dan Belanda.  Juga berhasil diperoleh sumbangan sukarela para alumni untuk mendukung kegiatan KAGAMA TP sebesar Rp 16.450.000.

Terlepas dari perolehan berupa dana yang kami yakin diberikan dgn tulus ikhlas, ada perasaan syukur, haru, dan bahagia yang tak bisa dinilai dengan harta,
tidak pula mampu diwakilkan melalui kata-kata
Sebuah karunia kebahagiaan,
sebagai hasil upaya kita bersama,
berkat dukungan seluruh alumni,
baik yang tergabung dalam KAGAMA TP Jawa Barat, Jawa Tengah, DKI dan sekitarnya, Jawa Timur, DIY dan sekitarnya, maupun alumni yang belum sempat membentuk susunan pengurus KAGAMA TP di daerah masing-masing,

Segenap panitia penyelenggara, tak lain hanyalah alat untuk mewujudkan mimpi-mimpi. Oleh karenanya, rasa terima kasih yang tak terhingga adalah tepat kami ucapkan kepada seluruh alumni KAGAMA TP, serta seluruh pihak yang telah ikut membantu mewujudkan impian ini. Kalau saja ada ketidak-sempurnaan dalam penyelenggaraannya, tentu adalah merupakan sesuatu yang berada di luar kemampuan kita semua untuk menghindarinya dan akan menjadikan itu sebagai pelajaran bagi langkah ke depan yang lebih baik.

Semoga uji coba ini merupakan uji nyali bagi tantangan yang lebih hebat di bulan September. Mari bersama-sama kita upayakan lagi, dan kita buktikan bahwa kita memang mampu.
Sampai berjumpa lagi, di bulan September tanggal 18 bersama Bu Susi Pudjiastuti mewujudkan mimpi pesta 1 ton ikan yang lebih spektakuler…

Sotja Prajati 73

Bagikan
  • 30
    Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hai, silahkan konsultasikan kebutuhan anda terkait KAGAMATP, kami akan menjawab pertanyaan anda dengan senang hati.

Chat dengan kami di WhatsApp