Tahu Telur Surabaya

Tahu telur Surabaya merupakan makanan khas asal Surabaya/Jawa Timur yang banyak disukai oleh kaum tua dan muda karena sangat menyegarkan disantap terutama pada siang hari. Bahan bahan yang diperlukan terdiri dari sayuran yang direbus, mentah dan ada yang digoreng

Bahan dasar yang diperlukan untuk membuat tahu telur Surabaya

Cara membuat:
• Campur tahu putih yang sudah diiris dadu, kocok telur, bumbui dengan lada halus dan garam.
• Campurkan tahu dan telur kemudian dibagi menjadi 4 bagian dan digoreng dengan sedikit minyak dengan teflon, perhatikan saat menggoreng, pastikan matang dikedua sisinya. Sisihkan.
• Bumbu: haluskan cabai rawit, bawang putih, garam, kacang goreng selanjutnya dimasak
• Tambahkan petis, kecap manis, gula, garam, air secukupnya.
• Atur tahu telur yang sudah digoreng diatas piring saji
• Taoge dan irisan kol dicuci dan dijerang dengan air panas kemudian ditiriskan.
• Taburkan diatasnya taoge dan kol, serta irisan daun bawang dan seledri serta bawang merah goreng.
• Siram dengan bumbu yang sudah disiapkan.
• Tambahkan krupuk sebagai pelengkap. Hidangkan.

Keamanan pangan untuk tahu telur Surabaya
Tahu telur Surabaya merupakan olahan yang bahan dasarnya tidak seluruhnya melewati proses pemanasan, seperti disajikan pada bagan alir pembuatan tahu telur. Sehingga bakteri yang terdapat pada bahan dasar mentah belum seluruhnya mati, dan selama penyajian, bakteri ini dapat berkembang biak. Sehingga agar tahu telur tetap aman dikonsumsi beberapa hal perlu diperhatikan.

Identifikasi bahaya yang mungkin muncul
Potensi bahaya yang diperkirakan muncul pada olahan tahu telur adalah bahaya mikrobiologis yang disebabkan oleh mikroorganisme (termasuk patogen) yang terbawa oleh bahan dasar (telur, tahu, taoge, kol, seledri, dan bawang). Telur dapat terkontaminasi dengan bakteri patogen (Salmonella) yang menyerang ayam saat ayam tidak dipelihara dengan seksama. Tahu juga dapat membawa bakteri yang berbahaya termasuk endospora Bacillus.

Namun demikian, telur dan tahu yang diolah melalui proses penggorengan dapat membunuh bakteri kontaminan ini. Bahaya mikrobiologis yang lain adalah berasal dari kontaminasi silang, cemaran bakteri dari peralatan, karyawan serta lingkungan. Sehingga agar olahan tahu telur tetap aman, kaidah kaidah sanitasi, higiene serta pengolahan pangan yang baik untuk mendukung keamanan pangan harus diterapkan.

Cara pencegahan agar bahaya tidak muncul

Pembelian bahan dasar
Pengendalian bahaya yang akan muncul diawali dengan pemilihan bahan dasar yang seksama. Seluruh bahan dasar yang akan diolah harus dipilih bahan yang segar, tidak busuk dan tidak berjamur. Tahu harus dipilih yang segar, berbau khas dan tidak berlendir. Telur juga dipilih yang masih bagus (dengan diteropong) dan utuh.

Penanganan/persiapan/penggorengan
Bahan yang telah mengalami penggorengan (tahu dan telur) diperkirakan aman, karena bakteri yang terbawa pada bahan segar mati saat diperlakukan dengan panas, kecuali endospora yang terdapat pada tahu. Namun, terhadap bahan yang tidak melewati panas, seperti seledri, maka pencucian bersih merupakan tahapan yang penting untuk menurunkan jumlah bakteri yang ada, pembilasan mengggunakan air matang dapat dilakukan pada tahapan ini.

Taoge dan kol setelah dicuci bersih dijerang dengan air panas untuk menurunkan populasi mikroorganisme yang ada. Bumbu yang tidak mengalami pemanasan juga perlu mendapat perhatian. Pencucian cabe rawit, cabe merah serta bawang putih perlu dilakukan dengan seksama, karena saat pencucian jumlah bakteri dapat diturunkan. Pencampuran bumbu digunakan air yang matang. Seluruh bahan yang telah dipersiapkan diletakkan pada masing-masing wadah yang bersih.

Penyajian
Penyajian harus mengikuti kaidah kaidah sanitasi dan higiene yang baik. Tahu telur disiapkan saat akan dikonsumsi menggunakan peralatan yang bersih. Pada saat penyajian dihindari terjadinya kontaminasi silang atau kontaminasi dari lingkungan serta karyawan.

Resep oleh: Siti Rahayu 73 dan Lidia Ratna H
Endang S Rahayu
Sumber gambar: https://resepdanmasakan.com/resep-cara-membuat-tahu-telur-khas-surabaya/

Bagikan
  • 10
    Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hai, silahkan konsultasikan kebutuhan anda terkait KAGAMATP, kami akan menjawab pertanyaan anda dengan senang hati.

Chat dengan kami di WhatsApp