Sarikayo Minangkabau

Sarikayo adalah makanan yang dibuat dari santan, telur dan gula diberi aroma pandan dan dimasak dengan cara dikukus atau ditim. Sarikayo merupakan hidangan legit khas Minangkabau yang biasanya dihidangkan bersama ketan kukus atau uli.

Bahan dasar yang diperlukan untuk membuat sarikayo Minangkabau

Cara membuat:
Sarikayo
• Campurkan santan, gula, garam aduk hingga gula larut dan disaring. Sisihkan.
• Kocok lepas telur, campurkan dengan santan.
• Tuang dalam pinggan tahan panas, kemudian dikukus selama 30 menit, dinginkan.
• Hidangkan bersama ketan kukus atau uli ketan

Ketan
• Kukus setengah matang beras ketan. Sisihkan.
• Masak santan, garam dan daun pandan hingga mendidih, matikan api.
• Dalam wadah tuangi beras ketan tadi dengan santan aduk-aduk hingga rata
• Kukus kembali ketan selama 30 menit atau hingga masak
• Setelah masak angkat dan pindahkan ketan didalam piring saji. Atau ketan ditumbuk dan dicetak hingga menjadi uli.
• Hidangkan ketan/uli bersama sarikayo tadi

Keamanan pangan untuk sarikayo Minangkabau

Sarikayo dibuat dari santan, telur dan gula diberi aroma pandan dan dimasak dengan cara dikukus atau ditim. Sarikayo disajikan bersama ketan kukus atau uli. Makanan ini aman apabila dikonsumsi setelah masak. Namun pertanyaannya, apakah semua sarikayo adalah aman? Kalau tidak, bagaimana kejadiannnya sehingga sarikayo ini menjadi tidak aman?

Identifikasi bahaya yang mungkin muncul
Proses pemanasan (pengukusan) yang diperlakukan pada sarikayo mampu membunuh bakteri yang terbawa oleh bahan dasar. Sarikayo yang telah masak harus diperlakukan dengan tepat untuk menghindari kontaminasi silang. Kontaminasi silang berasal dari mana saja, dari peralatan yang kontak langsung dengan sarikayo, dari tangan karyawan, dari lingkungan. Bakteri akan masuk ke dalam sarikayo dan saat sarikayo dibiarkan di meja ber jam-jam, bakteri mempunyai kesempatan untuk berkembang biak. Beras ketan dapat juga terkontaminasi dengan Bacillus yang memiliki endospora. Endospora ini tidak mati saat pengukusan dan dapat berkembang biak pada ketan yang masak yang dibiarkan pada suhu kamar ber jam-jam.

Cara pencegahan agar bahaya tidak muncul

Pembelian bahan dasar
Diawali dengan pemilihan bahan dasar yang baik. Beras ketan dipilih yang berkualitas baik, bersih, tidak berkutu; kelapa dipilih yang segar, tidak terlalu kering dan tidak busuk; telur dipilih yang bersih dan utuh. Dihindari penggunaan bahan-bahan yang kadaluwarsa.

Penanganan dan persiapan
Kelapa dikupas kulit arinya, lalu dicuci dan diparut serta diperas untuk mendapatkan santan, langsung/segera dimasak. Santan yang tidak segera dimasak cepat menjadi rusak, apalagi kalau digunakan air mentah untuk memeras, air mentah merupakan sumber cemaran bakteri. Ketan dicuci bersih dan direndam selama 60 menit supaya lunak, perendaman juga harus dilakukan menggunakan air bersih atau air matang.

Pemasakan
Pemasakan adalah tahapan untuk membunuh mikroorganisme yang terdapat pada bahan dasar seperti ketan, santan dll. Sehingga harus dipastikan bahwa suhu dan waktu cukup untuk membunuh seluruh mikroorganisme yang ada. Walaupun panas yang diperlakukan ini terkadang masih menyisakan endospora yang belum seluruhnya rusak.

Penyajian
Penyajian merupakan tahapan yang perlu diperhatikan, harus dihindari terjadinya kontaminasi silang pasca pengolahan. Sarikayo harus dijauhkan dari sumber cemaran. Dihindari kontak antara peralatan kotor dengan sarikayo, dihindari kontak antara tangan karyawan dan sumber cemaran lain dengan sarikayo. Sarikayo yang kaya akan gula dan nutrisi lain, tidak bisa dibiarkan lama-lama di meja makan. Bakteri yang mencemari sarikayo ataupun endospora yang belum rusak semua saat pengukusan akan segera tumbuh dengan baik. Untuk menghindari hal demikian, sebaiknya sarikayo segera disantap atau disimpan dingin.

Resep oleh: Siti Rahayu 73 dan Lidia Ratna H
Endang S Rahayu
Sumber gambar: https://cookpad.com/id/cari/sarikayo?page=2

Bagikan
  • 10
    Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hai, silahkan konsultasikan kebutuhan anda terkait KAGAMATP, kami akan menjawab pertanyaan anda dengan senang hati.

Chat dengan kami di WhatsApp