Segenggam Khasiat

Jika anda termasuk orang yang ingin hidup sehat, terbebas dari berbagai serangan penyakit yang berbahaya, kini tidak perlu lagi merasa risau, karena telah ada cara yang mudah, murah, dan enak untuk mewujudkan keinginan tersebut. Suatu penelitian yang dilakukan oleh seorang pakar kesehatan di Inggris, menggunakan kacang sebagai objek penelitiannya dan melibatkan puluhan partisipan untuk mengonsumsi berbagai jenis kacang secara rutin setiap hari, serta dilakukan pemantauan terhadap kondisi kesehatan para partisipan dalam jangka panjang.

Hasilnya menunjukkan bahwa mengonsumsi kacang-kacangan ternyata sangat baik bagi tubuh, karena mampu melawan stress oxidative yang merupakan salah satu pemicu utama dari beberapa penyakit berbahaya, khususnya kanker. Kacang-kacangan kaya akan antioksidan yang memiliki efek protektif terhadap kerusakan oksidatif, hal ini disebabkan karena konsentrasinya yang tinggi pada protein dan rendah lemak.

Kacang-kacangan selain mengandung protein tinggi dan lemak, juga mengandung zat besi, vitamin B kompleks, vitamin A, fosfor, dan vitamin E yang membantu kesehatan membran sel dan kulit, serta melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Pada penelitian tersebut dapat disimpulkan, bahwa seorang yang mengonsumsi segenggam kacang tanah, atau sekitar 20 gram kacang panggang (oven) setiap hari, akan menurunkan risiko terkena berbagai penyakit berbahaya secara signifikan, yaitu menurunnya risiko terkena penyakit jantung sampai mendekati 30%, menurunkan risiko kanker 15%, risiko diabetes menurun 40%, kematian dini menurun 22%, dan kematian karena penyakit saluran pernafasan turun 50%.

Kacang tanah merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang memiliki gizi terbaik dan diyakini sebanding dengan manfaat kacang kedelai (soya). Satu cangkir kacang tanah mentah mengandung sekitar:
828 kalori (8% dari kebutuhan harian)
72 gram lemak (110% dari kebutuhan harian)
37 gram protein (73% dari kebutuhan harian)
24 gram karbohidrat (8% dari kebutuhan harian)
12 gram serat (19% dari kebutuhan harian)
10 gram lemak jenuh (50% dari kebutuhan harian)

Kandungan lemak dalam kacang tanah hanya terdiri dari 19% lemak jenuh, sedangkan sisanya 81% lainnya berasal dari lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda. Lemak jenuh meningkatkan kadar kolesterol dan berkontribusi terhadap penyakit diabetes tipe 2 dan penyakit arteri, tetapi lemak tak jenuh bekerja secara baik, justru menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko diabetes tipe 2. Kandungan mineral dalam secangkir kacang tanah berupa magnesium sebanyak 58%, fosfor 44%, seng 43%, zat besi 37%, kalium 22%, dan kalsium 10%. Mineral ini membantu pertumbuhan tulang dan kesehatan gigi, kontraksi otot, pembekuan darah, metabolisme, dan fungsi kekebalan tubuh.
Kandungan mineral juga mengurangi risiko kanker tertentu, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung.

Kandungan vitamin dalam secangkir kacang tanah mentah mampu memasok 110% dari asupan makanan referensi untuk niacin, 88% untuk folat, 81% untuk vitamin E, 78% untuk tiamin, 30% untuk vitamin B-6, dan 15% untuk riboflavin. Vitamin ini membantu melindungi tingkat vitamin A dan C dalam tubuh, mengatur nafsu makan, menjaga pencernaan yang sehat serta metabolisme, membantu kesehatan kulit, mata, dan kesehatan neurologis. Folat menurunkan risiko penyakit jantung serta membantu mencegah cacat lahir tulang belakang dan saraf.

Tidak ada salahnya untuk dicoba buktikan,
khasiat dari segenggam kacang tanah,
ingat,,,hanya segenggam,
tapi secara rutin setiap hari….

Sotja Prajati 73
Referensi :
Manfaat.co.id
Khasiat.co.id
Lifestyle.kompas.com
Dokter Sehat – Informasi Kesehatan
Sumber gambar : http://amazinghdwallpaper.download/kacang-kulit/mitos-fakta-tentang-kacang-fix-062-download-now

Bagikan
  • 25
    Shares

One thought on “Segenggam Khasiat

  • May 29, 2018 at 8:10 am
    Permalink

    Info bermanfaat. Thanks Bu Sotja…

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hai, silahkan konsultasikan kebutuhan anda terkait KAGAMATP, kami akan menjawab pertanyaan anda dengan senang hati.

Chat dengan kami di WhatsApp