Pentingnya ASI dalam Menjaga Kesehatan Tubuh

Kelahiran secara normal atau sesar, berlanjut dengan ASI atau susu botol, semuanya memiliki hubungan dengan gut microbiota atau bakteri usus.
Bayi dengan kelahiran normal diikuti dengan ASI, memiliki gut microbiota paling mantap, yang dapat mendukung kesehatan tubuh sampai dengan masa masa berikutnya. Berikutnya, adalah kelahiran sesar yang diikuti dengan ASI, walaupun ada keterlambatan perkembangan gut microbiota di awal, namun pada akhirnya gut microbiota juga berkembang dengan normal.

Kelahiran normal namun diikuti dengan susu botol, ternyata memiliki gut mikrobiota yang kurang berkembang dengan baik, apalagi kelahiran sesar diikuti susu botol. Perkembangan gut microbiota yang kurang baik atau gut microbiota dalam kondisi tidak seimbang berdampak pada kesehatan tubuh. Sistem imun tubuh tidak berkembang dengan baik, proteksi terhadap infeksi juga menurun, munculnya alergi. Pada bayi ini juga sering terjadi diare, absorbsi nutrisi berkurang sehingga berdampak pada perkembangan bayi selanjutnya.

Mengapa ASI penting untuk menjaga keseimbangan gut microbiota? Karena ASI membawa nutrisi yang diperlukan untuk bakteri baik yang kita kenal, yaitu Bifidobacterium. Sedang nutrisi untuk bakteri yang ada pada ASI disebut sebagai Human Milk Oligosaccharides (HMOs).

ASI memang diperlukan untuk bayi, agar gut microbiota dalam kondisi mantap, penuh dengan bakteri baik yang mendukung kesehatan tubuh, sehingga bayi tetap sehat sampai masa masa berikutnya. (ESR Edisi Gut Microbiota)

 

Temukan berbagai makanan sehat di https://www.tokopedia.com/tepeugm diproduksi oleh alumni Fakultas Teknologi Pertanian UGM

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hai, silahkan konsultasikan kebutuhan anda terkait KAGAMATP, kami akan menjawab pertanyaan anda dengan senang hati.

Chat dengan kami di WhatsApp