Jangan bungkus makanan dengan tas kresek hitam

Mengapa kantung plastik hitam tidak baik untuk membungkus makanan?
Mengapa berbahaya?

Karena….
Kantong plastik hitam adalah produk daur ulang, dengan bahan baku plastik-plastik bekas yang dihancurkan lalu diolah kembali.

Kita tentunya tidak tahu asal plastik-plastik bekas itu. Bisa saja bekas bungkus makanan, bungkus obat, bungkus kotoran, bungkus pestisida, limbah rumah sakit, bungkus bahan kimia lain dan sebagainya.

Produk plastik hasil dari proses daur ulang sebenarnya berwarna keruh, dengan bercak- bercak.
Naah…..untuk menutupi warnanya yang keruh dan bercak ini, maka diberilah warna hitam pekat yang kemudian kita kenal dengan kantong plastik kresek hitam.

Selain kresek hitam, penggunaan wadah makanan dari plastik berwarna gelap seperti merah atau biru juga tidak disarankan.

Mengapa? Karena dikhawatirkan dalam proses pembuatan plastik-plastik itu ditambahkan zat pewarna berlebihan.

Jika anda ingin menggunakan plastik sebagai wadah makanan, maka ada baiknya jika anda memilih plastik yang terlihat jernih, tidak bergurat dan transparan. Plastik transparan meminimalkan resiko kita, meskipun hal itu juga belum dapat dipastikan keamanannya.

Apabila kantong plastik berwarna digunakan sebagai wadah makanan secara langsung (kondisi makanan panas, berminyak atau berlemak), maka plastik akan memuai. Molekulnya terurai mengeluarkan bahan kimia penyusunnya, juga zat penstabil, pelembut atau pewarna, yang berisiko terbawa dalam makanan.
Kemungkinannya berarti kita secara tidak sadar memakan makanan yang telah mengandung bahan berbahaya pemicu kanker.

Tidak mengherankan apabila penyakit kanker saat ini kian bertambah jumlahnya, dan prevalensinya juga tinggi pada anak-anak. Akibatnya memang tidak nampak secara langsung. Diyakini bahwa sel kanker merusak tubuh 10 hingga 20 tahun setelah kontak dengan zat karsinogeik atau setelah tumbuh sel abnormal.

Satu lagi yang tak kalah penting lagi untuk kita…… hindarilah penggunaan bahan plastik apapun pada pengukusan dan atau microwave. Lebih bak
gunakan keramik, gelas atau pyrex.

Maaaaaffff….
Ini bukan tulisan untuk menakut-nakuti lhoo, semua terserah pilihan anda. Tetapi jika kita ragu atau peduli kesehatan diri sendiri dan orang lain maka lebih baik tidak usah memakai. Kesehatan kita sangat berharga.

Penulis : Endang Wahyuningsih, FTP 83

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hai, silahkan konsultasikan kebutuhan anda terkait KAGAMATP, kami akan menjawab pertanyaan anda dengan senang hati.

Chat dengan kami di WhatsApp