HUBUNGAN “FAST FOOD” DAN KANKER

Ada anjuran, perempuan sebaiknya jangan terlau sering makan makanan berlemak. Terutama ayam goreng atau burger ala fast food atau makanan cepat saji karena bisa menimbulkan kanker payudara. “Daging yang dimasak dengan temperatur tinggi seperti fast food, akan membentuk zat-zat karsinogenik, yang potensial untuk membentuk kanker,” tutur dr. Andi Darma Putra, Sp.OG dari RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

Paparan terhadap zat-zat tersebut telah terbukti menyebabkan kanker pada hewan. Meski belum terbukti menimbulkan kanker pada manusia, sebaiknya kita tetap berhati-hati. Fast food dan makanan berlemak telah diteliti memiliki hubungan dengan kejadian kanker usus besar dan kanker payudara, serta bisa menyebabkan obesitas. “Obesitas sendiri juga merupakan faktor risiko untuk terjadinya kanker,” imbuh dr. Andi.

Bagaimana pun, terlalu banyak makanan berlemak dan makanan cepat saji kurang baik bagi kesehatan. “Makanan berserat seperti sayur dan buah lebih diankurkan karena terbukti menjadi faktor pencegah terjadinya kanker,” tandasnya.

Memang, tak selau mudah menghindari makanan seperti itu. Namun kita bisa coba membatasinya. Jangan lupa imbangi dengan 3 – 5 porsi buah dan sayur setiap hari. (nid)

 

Artikel ini pernah di muat di :http://otcdigest.id/info-sehat/hubungan-fast-food-dan-kanker pada tanggal 29 Agustus 2017

 

temukan berbagai makanan sehat di https://www.tokopedia.com/tepeugm diproduksi oleh alumni Fakultas Teknologi Pertanian UGM

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hai, silahkan konsultasikan kebutuhan anda terkait KAGAMATP, kami akan menjawab pertanyaan anda dengan senang hati.

Chat dengan kami di WhatsApp