APEL, CARA ENAK HILANGKAN ‘BAU NAGA’

Bawang putih itu enak, tapi bisa membuat aroma nafas kurang sedap. Sekarang, tak perlu lagi menghindari bumbu yang satu ini. Ada cara sehat (dan enak) untuk mengatasinya: makan daun mint, apel atau selada. Ini berdasarkan studi yang dipublikasi di Journal of Food Science.

Dalam studi tersebut, partisipan diberi tiga gram bawang putih jenis softneck (Allium sativum ssp. sativum) untuk dikunyah selama 25 detik. Setelah itu, mereka segera mengonsumsi air minum; buah apel, jus apel atau apel yang dipanaskan; selada mentah atau yang dipanaskan; daun mint atau yang dijus; atau teh hijau.

Bawang putih menyebabkan nafas berbau karena mengandung beberapa volatil (zat yang mudah menjadi gas) tertentu. Dalam studi, kadar volatil pada nafas dianalisa dengan spektrometri khusus.

Ditemukan bahwa konsentrasi volatil pada nafas berkurang 50% atau lebih setelah konsumsi apel mentah dan selada mentah dibandingkan air, dalam 30 menit pertama. Mengunyah daun mint menghilangkan bau lebih banyak lagi. Adapun jus apel dan jus mint menurunkan kadar volatil tapi tidak setinggi bila mengunyah daun mint atau apel mentah. Apel dan selada yang dipanaskan menurunkan volatil cukup signifikan, sedangkan teh hijau tidak memiliki efek menghilangkan bau terhadap senyawa bawang putih.

Menurut peneliti, makanan bisa menghilangkan nafas bau melalui dua mekanisme. Pertama, enzim pada makanan mentah membantu menghancurkan bau, kemudian senyawa fenolik pada makanan mentah maupun matang menghancurkan volatil. Itu sebabnya makanan mentah secara umum lebih efektif, karena mengandung enzim maupun senyawa fenolik.

Jangan lupa sedia apel setelah makan bawang putih! (nid)

Artikel ini pernah di muat di :http://otcdigest.id/ulasan/apel-cara-enak-hilangkan-%E2%80%98bau-naga%E2%80%99 pada tanggal 23 Mei 2017

temukan berbagai makanan sehat di https://www.tokopedia.com/tepeugm diproduksi oleh alumni Fakultas Teknologi Pertanian UGM

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hai, silahkan konsultasikan kebutuhan anda terkait KAGAMATP, kami akan menjawab pertanyaan anda dengan senang hati.

Chat dengan kami di WhatsApp