Mengapa Tagline Penting?

Dalam dunia bisnis ada Tagline dan juga Slogan. Banyak orang yang beranggapan jika tagline dan slogan itu sama saja, padahal mereka memiliki definisi dan fungsi yang berbeda. Mari pelajari lebih dalam lagi.

Tagline bisa disebut sebagai logo verbal. Hal ini karena tagline sudah seharusnya digunakan sebagai frasa yang diasosiasikan dengan brand. Sehingga tagline yang baik akan mengingatkan pendengar dan pembaca dengan brand Anda dalam kasus ini adalah calon pelanggan Anda.

Karena fungsinya sebagai logo verbal, maka tagline harus sesuai dengan perkembangan waktu. Tagline yang bagus haruslah fleksibel dan dapat merepresentasikan identitas brand. Anda bisa menggunakan frasa yang unik, lucu, menginspirasi, atau bahkan sindiran yang berupa sarkasme.

Sedangkan Slogan digunakan untuk memasarkan suatu produk dari brand Anda. Oleh karenanya slogan menggunakan frasa yang mengandung ajakan, deskripsi produk, atau bahkan sesuatu mengenai target konsumen. Kegunaan ini membuat slogan sering ditampilkan di banyak tempat demi kepentingan pemasaran.

Bagaimana sih cara membuat tagline yang baik untuk bisnis kuliner?

1. Tunjukkan Keunggulan Bisnis Kuliner Anda

Kunci utama sebuah tagline adalah membedakan produk Anda dengan kompetitor dan menekankan konsumen tentang keunggulan bisnis Anda. Jika produk Anda memiliki kelebihan dan keunikan tersendiri dibandingkan milik kompetitor, maka tonjolkan hal tersebut pada tagline bisnis kuliner Anda.

2. Gunakan kata-kata sederhana

Tagline dibuat harus menggunakan kata-kata sederhana agar mudah dimengerti. Akan tetapi jangan dibuat hanya satu kata atau bahkan puluhan kata. Misalnya “Once you pop, you can’t stop” milik Pringles.

3. Tidak hanya dibaca, tapi juga didengar

Meskipun tagline dibuat dari susunan kata, namun ternyata tagline tidak hanya untuk dibaca, tetapi juga untuk didengar. Nada yang tepat dan intonasi yang jelas membuat konsumen mudah untuk mengingat bisnis kuliner Anda. Contohnya”I’m Lovin’ It” milik McDonald’s.

4. Buatlah dengan kreativitas yang tinggi

Tagline yang unik diperlukan kreativitas yang tinggi. Jadilah kreatif dan hindari pernyataan-pernyataan yang tidak memiliki arti. Jangan sekali-kali Anda meniru tagline perusahaan lain karena akan menurunkan brand image di mata konsumen.

Tagline web Kagamatp.com : Pangan Aman Sehat (PAS)

Tagline Mendes : mi sehat rendah karbohidrat
Slogan Mendes : Teko pisan dadi tuman
Guyonan Mendes : kapyuk kuah

Cobalah men-tagline-kan bisnis anda supaya bisnis anda menancap di benak konsumen. Selamat mencoba. Salam Mendes

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hai, silahkan konsultasikan kebutuhan anda terkait KAGAMATP, kami akan menjawab pertanyaan anda dengan senang hati.

Chat dengan kami di WhatsApp