Lulusan MP/TEP/TPB jadi Ojol?

Emang salah? Halal kan? Demikian info yang muncul ketika diskusi dengan Dikti di kampus FTP UGM kemarin. Apakah ini bentuk survive alumni atau kurikulum perkuliahan ada yang gak benar? Tentu belum ada yang mensurvey secara ilmiah. Kalaupun ada beberapa yang menjadi ojol bukan lantas digeneralisasi bahwa lulusan TPB kompetensinya rendah.

Ojol adalah peluang kerja yang paling mudah, aplikatif dan minim resiko. Gak usah mikir berat hanya modal kendaraan dan SIM tapi memberi solusi atas kebutuhan antar jemput masyarakat.

Bayangkan, sudah berkutat kuliah minimal 4 tahun begitu lulus thingak-thinguk nyari kerjaan minim lowongan yang pas. Jurusan TPB FTP UGM adalah jurusan yang relatif baru dan belum banyak dikenal sehingga user jarang mencari lulusannya karena nggak kenal kompetensinya.

Parahnya lagi, kebanyakan bumn, bank, perusahaan nasional lebih familiar dengan fakultas pertanian. Padahal kompetensi TPB tak kalah dengan S1 yang lain, pada bidang perkebunan siap, perbankan okay, pabrik pengolahan makanan siap. Bahkan terbukti malang melintang pada bidang marketing, komputer, pengusaha pun mampu ketika energi terakhir alumni terpicu, power of kepepet.

Jadi? Kurikulum sudah cukup baik, hanya perlu dipertajam. Masukan soal penajaman kurikulum ini kemarin sudah dicatat oleh Bu Tining dan Bu Evi Musitoh.

Lebih daripada itu peran alumni untuk ikut merebranding TPB FTP UGM perlu difokuskan. Alumni yang sudah menduduki jabatan strategis perlu mengedepankan penyerapan lulusan ketika membutuhkan SDM. HRD masing2 harus di drive untuk menginformasikan lowker ke fakultas.

Peran alumni untuk mengembangkan lulusan bisa dengan bincang bisnis yang memang sudah sangat aplikatif untuk kerja lapangan.

So, tak usah mencari kambing yang berwarna hitam lebih baik ngemi bareng sambil ngobrol bisnis…

Hahaha…

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hai, silahkan konsultasikan kebutuhan anda terkait KAGAMATP, kami akan menjawab pertanyaan anda dengan senang hati.

Chat dengan kami di WhatsApp