Membuat Obat Kumur Alami

Obat kumur adalah salah satu pemecahan masalah kesehatan gigi dan mulut, selain sikat gigi. Berkumur menggunakan bahan yang tepat, dapat mencegah pembentukan plak dan mencegah masalah kesehatan mulut, seperti sariawan dan bau mulut. Bahkan, beberapa jenis obat kumur sangat efektif dalam memerangi infeksi gusi.

Obat kumur tidak hanya bermanfaat dalam membersihkan mulut dari kuman. Beberapa jenis obat kumur telah dilengkapi dengan bahan-bahan yang bermanfaat untuk kesehatan gigi dan gusi, seperti fluoride. Obat kumur dapat menjadi langkah terakhir dalam perawatan kebersihan mulut di pagi dan malam hari, setelah menyikat dan membersihkan gigi dengan benang.

Tapi tahukah Anda, ternyata kita bisa membuat obat kumur sendiri dengan bahan-bahan yang ada di dapur. Berikut beberapa diantaranya :

 

  1. Soda kue. Selain menghapus noda, dapat digunakan untuk membersihkan segala bakteri penyebab bau mulut. Caranya: campurkan 2 sendok teh soda kue ke dalam 1 liter air putih. Gunakan cairan campuran tersebut 1-2x sehari sebagai obat kumur. Lakukan selama beberapa hari. Nafas akan terasa segar.
  2. Jahe dan jus lemon. Ini ramuan obat kumur lain yang tidak kalah majur. Caranya: sediakan 1 gelas air putih hangat. Campurkan dengan 1 sendok teh jus lemon dan 1 sendok teh air jahe. Berkumurlah 1-2x sehari.
  3. Daun peterseli mengandung essential oil dan klorofil, yang bisa melawan bau mulut tak sedap. Caranya: campurkan sedikit daun peterseli yang sudah dipotong ke dalam 1 gelas air panas. Diamkan beberapa saat, sampai sari daun keluar. Tambahkan sedikit cengkeh. Aduk sebentar, agar minyak dari cengkeh dan peterseli bisa menyatu sempurna. Dinginkan dan gunakan rutin sebagai obat kumur.
  4. Vitamin C baik untuk mengatasi masalah bau mulut. Minum jus buah yang mengandung vitamin C setiap hari, dapat membantu mengatasi masalah mulut yang sangat menggangu. (vit)

Artikel ini pernah di muat di : http://www.otcdigest.id/info-sehat/membuat-obat-kumur-alami pada tanggal 09 Agustus 2017

Bagikan
  • 8
    Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hai, silahkan konsultasikan kebutuhan anda terkait KAGAMATP, kami akan menjawab pertanyaan anda dengan senang hati.

Chat dengan kami di WhatsApp