Budaya Jepang Dalam Mengkonsumsi Kedelai

Selain dikenal sebagai negara maju dengan perkembangan teknologi dan ekonomi yang hebat, Jepang juga dikenal sebagai negara yang menjunjung tinggi budaya mereka. Hal ini terlihat dari keseharian masyarakat Jepang seperti dari penggunaan bahasa, acara – acara kebudayaan, dan makanan. Salah satu dari budaya yang terus dijaga oleh masyarakat Jepang adalah mengkonsumsi kedelai.

Menurut japan.stripes.com, kedelai pertama kali ditanam di Jepang pada 2000 tahun yang lalu. Lalu pada masa kekaisaran Kamakura (1185-1333) makanan berbahan dasar kedelai mulai biasa disajikan di meja makan. Kemudian ketika teknik fermentasi mulai dikenal pada abad ke-15, lahirlah makanan – makanan seperti shoyu, miso, tofu, dan nato. Selain sebagai makanan sehari – hari yang dimakan dengan nasi, pada masa dulu nato dan miso juga digunakan sebagai makanan yang diawetkan untuk prajurit samurai yang menuju pertempuran.

Dikutip dari www.otsuka.co.jp, pada tahun 2000, pemerintah Jepang mengkampanyekan gaya hidup sehat dengan nama “Health Japan 21”. Di dalamnya juga terdapat gerakan untuk mengkonsumsi 100gram kedelai perhari untuk hidup yang lebih sehat dan umur yang lebih panjang. Hingga tahun 2014 rata – rata setiap orang jepang baru mengkonsumsi kedelai sekitar 59gram per hari. Menurut japan.stripes.com produk olahan kedelai yang paling banyak dikonsumsi adalah dalam bentuk tahu (58%), Natto (14%), Miso dan Kecap (10%), dan berbagai jenis produk lainnya (22%).

Masyarakat Jepang percaya bahwa isoflavon merupakan nutrisi fungsional yang bermanfaat baik bagi tubuh di mana salah satunya untuk mencegah kanker. Pengembangan produk pangan berbasis kedelai di Jepang terus dilakukan agar masyarakat semakin tertarik dan tetap konsisten mengkonsumsi berbagai produk olahan kedelai.

Sumber Gambar : https://www.epicurious.com

Artikel ini pernah di muat di : http://pekakekal.org/20-kolom-akademisi/141-budaya-jepang-dalam-mengkonsumsi-kedelai pada tanggal 25 Agustus 2018

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hai, silahkan konsultasikan kebutuhan anda terkait KAGAMATP, kami akan menjawab pertanyaan anda dengan senang hati.

Chat dengan kami di WhatsApp