Tambahkan Susu saat Sarapan, Gula Darah Lebih Stabil

Ingin kadar gula darah lebih rendah dan stabil? Minumlah susu saat sarapan. H. Douglas Goff, Ph.D dan rekan-rekannya sesama ilmuwan menemukan, susu yang dikonsumsi dengan sereal saat sarapan, menurunkan konsentrasi gula darah post prandial (setelah makan) dibandingkan air. Dan, susu tinggi protein menunjukkan hasil yang lebih baik. Asupan tinggi protein juga menurunkan nafsu makan setelah makan siang.

Penelitian yang dipublikasi di Journal of Dairy Science ini merupakan studi acak, terkontrol, dan buta ganda. Maksudnya, sejumlah relawan secara acak dibagi menjadi kelompok kontrol dan kelompok perlakuan. Kelompok kontrol mendapat susu biasa, sedangkan kelompok perlakukan mendapat susu tinggi potein. Baik relawan maupun peneliti sama-sama tidak tahu, siapa yang mendapat susu biasa dan siapa yang mendapat susu tinggi protein.

Selanjutnya, tim peneliti memeriksa dampak dari peningkatan konsentrasi protein dan peningkatan proporsi protein whey pada susu yang dikonsumsi dengan sereal tinggi karbohidrat saat sarapan terhadap gula darah, perasan kenyang, dan jumlah makanan yang dikonsumsi saat makan siang.

Secara alami, susu mengandung protein whey dan kasein. Saat tubuh mencerna kedua jenis protein ini, dilepaskanlah hormon pada lambung yang memperlambat proses pencernaan, sehingga meningkatkan perasaan kenyang. Pencernaan whey membuat efek ini terasa lebih cepat, sedangkan kasein membuat efek ini bertahan lebih lama.

Hasilnya, meningkatkan protein whey saat sarapan, sedikit membuat perbedaan dalam konsumsi makanan saat makan siang. Namun susu yang dikonsumsi dengan sarapan tinggi karbohidrat tampak menurunkan gula darah setelah makan siang, dan efeknya lebih besar pada susu tinggi protein. Susu dengan proporsi whey yang ditingkatkan memiliki efek sedang pada gula darah sebelum makan siang, dan menurunkan gula darah lebih banyak ketimbang susu biasa.

Dismpulkan bahwa konsumsi susu saat sarapan membantu memperlambat pencernaan karbohidrat, serta membantu memelihara kadar gula darah tetap rendah. Jangan pernah melewatkan sarapan, dan pilihlah menu sarapan yang sehat. Tambahkanlah segelas susu untuk memulai hari. (nid)

__________________________________

Sumber: Sciencedaily.com

Ilustrasi: Freepik.com

Artikel ini pernah di muat di : http://www.otcdigest.id/info-sehat/tambahkan-susu-saat-sarapan-gula-darah-lebih-stabil pada tanggal 29 Agustus 2018

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hai, silahkan konsultasikan kebutuhan anda terkait KAGAMATP, kami akan menjawab pertanyaan anda dengan senang hati.

Chat dengan kami di WhatsApp