Niche Marketing

Niche Market (relung-jawa) adalah pasar yang yang sangat fokus terhadap suatu jenis atau layanan tertentu.

Internet memungkinkan Anda untuk menjangkau pasar dengan minat yang sangat spesifik di berbagai lokasi di dunia.

Kumpulan dari pasar-pasar kecil ini, bisa menjadi sebuah pasar besar yang sangat potensial untuk bisnis Anda.

Bagaimana Anda bisa mulai memasarkan untuk niche market?  Anda bisa memulai dengan melakukan perubahan-perubahan berikut ini ke bisnis Anda.

⏺️Temukan Niche Market Yang Potensial

Anda dapat mulai melakukan riset apa produk atau jasa yang sudah Anda jual sekarang yang memiliki pasar niche yang potensial. Cara paling mudah adalah dengan bergabung ke forum, milis, atau Facebook Groups yang dibangun berdasarkan minat yang sama. Misalnya komunitas gamer, komunitas freelancer, komunitas blogger, dll. Pelajari bagaimana cara mereka berkomunikasi dan berinteraksi satu sama lain.

Namun tidak semua niche market potensial memiliki komunitas yang aktif di internet. Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan dengan meriset kata kunci atau riset pasar melalui Twitter untuk mengetahui tingkat permintaan suatu produk atau layanan dalam sebuah niche.

▶️Tawarkan Produk Sesuai Dengan Kebutuhan Niche Market Yang Unik

Walaupun karakteristik niche market berbeda-beda, benang merah yang menyatukannya selalu satu kata: keunikan. Biasanya niche market terdiri dari orang-orang yang memiliki permintaan yang sangat spesifik terhadap suatu produk. Mereka tidak mencari laptop, mereka mencari gaming laptop. Mereka tidak mencari sepatu wanita, mereka mencari sepatu wedges berdasarkan tingginya. Merka tidak mencari kucing peliharaan, mereka mencari kucing Persia dari Turki dengan usia 4 bulan. Semua permintaan selalu spesifik, selalu unik. Jangan menawarkan produk yang umum, yang mudah dijumpai ke pasar yang niche. Mereka adalah orang-orang yang serba tahu mengenai apapun yang sesuai dengan minat mereka.

▶️Ubah Cara Anda Berkomunikasi

Untuk menjangkau pasar yang niche Anda bisa mulai dari merubah cara Anda berkomunikasi kepada pelanggan. Misalnya saat ini Anda menjual sepatu, Anda harus mulai mendefinisikan produk Anda lebih detail. Sebagai contoh: “Toko ABC, Menjual Segala Jenis Sepatu Wanita,” menjadi: “Toko ABC Menjual Segala Jenis Sepatu Wedges.” Dengan begini pasar yang yang terjaring ke toko online Anda kemungkinan adalah niche yang Anda tuju. Atau Anda dapat memulai perubahan kecil dengan menggunakan kata kunci yang spesifik untuk toko online Anda. Optimalkan SEO toko online dan produk Anda untuk pasar niche. Gunakan kata kunci yang panjang dan detail untuk mendeskripsikan produk Anda. Daripada “laptop murah” pertimbangkan “laptop game lengkap dengan aksesoris.”

▶️Jadilah Pakar Di Tengah Niche Anda

Salah satu daya tarik niche market adalah mereka selalu haus akan informasi apapun mengenai apa yang menjadi minat mereka. Buatlah blog yang memberikan informasi yang mereka butuhkan. Jadilah sumber informasi terdepan. Niche market menyenangi opini pakar yang sangat menguasai bidangnya dan akan rela mengunjungi blog dan toko online Anda berkali-kali. Ingat di dunia internet dan social media, pasar tidak berinteraksi dengan brand, namun orang dibelakang brand tersebut

▶️Rawat Komunitas Anda

Niche market hampir pasti membentuk komunitas tersendiri, jikapun belum ada, mereka akan membentuknya karena kesamaan minat tersebut. Rawatlah komunitas tersebut, jangan hanya berorientasi profit. Komunitas adalah investasi jangka panjang. Komunitas akan banyak sekali  membantu Anda kedepannya. Merekalah brand ambassador Anda yang tulus dan selalu membela Anda dibelakang. Jangan korbankan semuanya demi keuntungan sesaat.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda sudah berhasil menjaring niche market?

Selamat mencoba dan salam Mendes

Bagikan
  • 35
    Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hai, silahkan konsultasikan kebutuhan anda terkait KAGAMATP, kami akan menjawab pertanyaan anda dengan senang hati.

Chat dengan kami di WhatsApp