Gado-Gado Jakarta

Sajian sayuran berbumbu kacang khas Betawi ini sangat populer dengan nama gado-gado Jakarta. Bisa disantap bersama nasi lontong atau bisa dinikmati tanpa nasi dan lontong karena sudah sarat gizi juga karbohidrat yang berasal dari kentang rebus yang terdapat dalam menu ini. Sayur rebus dipadu dengan bumbu kacang yang pedas sangat menyegarkan dan sangat lezat, cocok disantap di siang hari.

Bahan dasar yang diperlukan untuk membuat gado-gado Jakarta


Cara membuat

Bumbu kacang
• Haluskan semua bumbu dan kacang tanah goreng, tambahkan garam gula dan air asam, tambahkan sedikit air. Sisihkan
Penyajian
• Susun sayuran yang sudah dimasak/direbus dalam piring saji siram dengan bumbu kacang taburkan bawang merah goreng dan kerupuk kanji. Hidangkan segera.

Keamanan pangan untuk gado-gado Jakarta
Gado gado merupakan makanan yang disajikan perpaduan antara sayuran yang telah masak dan segar, disiram dengan bumbu kacang. Makanan ini dicampur saat akan disantap. Dikarenakan merupakan campuran makanan matang dan segar, maka saat penyajian harus betul-betul diperhatikan, agar gado-gado tetap aman dikonsumsi.

Identifikasi bahaya yang mungkin muncul
Potensi bahaya yang diperkirakan muncul pada olahan gado-gado adalah bahaya mikrobiologis yang berasal dari cemaran mikroorganisme yang terbawa oleh sayuran segar (mentimun, selada, dan tomat). Sayuran segar juga berpotensi tercemar dengan patogen enterik (Salmonella, Shigella, dll). Bahaya mikrobiologis berikutnya berasal dari kontaminasi silang, karena makanan ini merupakan makanan yang dibuat dengan mencampur bahan yang masak dan bahan mentah.

Kontaminasi silang juga bisa dari peralatan, lingkungan yang tidak bersih, demikian pula karyawan yang tidak mengindahkan kebersihan dan kesehatan. Potensi bahaya juga bisa muncul dari cemaran aflatoksin pada bumbu gado-gado. Bumbu gado-gado apabila dibuat dari kacang tanah yang kualitasnya jelek atau yang telah berjamur dapat terkontaminasi dengan aflatoksin, sehingga apabila bumbu gado-gado dibuat sendiri sebaiknya digunakan bahan dasar kacang dengan kualitas yang baik.

Cara pencegahan agar bahaya tidak muncul

Pembelian bahan dasar
Pengendalian bahaya yang diperkirakan dapat muncul diawali dengan pemilihan bahan dasar yang baik, seperti sayur dipilih yang segar, tidak busuk dan layu. Telur juga dipilih yang masih baru dan utuh. Bahan yang digunakan untuk membuat bumbu gado-gado harus berkualitas baik, atau apabila bumbu gado-gado dibeli maka harus dipilih yang kualitasnya baik.

Penanganan dan persiapan
Cara mengendalikan potensi bahaya yang berasal dari bahan dasar adalah dengan mencuci sayuran segar hingga bersih sehingga jumlah bakteri berkurang, serta air yang digunakan untuk melarutkan bumbu-bumbu adalah air matang.

Pemasakan
Perebusan sayuran (kol, kacang panjang, labu siam, kentang, taoge) dapat membunuh mikroorganisme yang terbawa oleh sayuran tersebut. Demikian juga mikroorganisme yang terdapat pada telur dan tahu. Semua bahan yang telah dimasak ditempatkan pada tempat yang bersih, kering, dan tertutup. Terjadinya kontaminasi silang pasca pengolahan harus dihindari.

Penyajian
Gado gado merupakan campuran sayuran yang telah dimasak dan sayuran segar, keduanya dicampur saat gado-gado akan disantap, dengan cara demikian bakteri yang berasal dari bahan mentah dapat berpindah ke bahan yang matang. Sehingga setelah disajikan harus segera disantap. Kontaminasi silang harus dihindari, wadah yang bersih dan kering, dihindari kontak langsung dengan tangan, tangan merupakan sumber cemaran bakteri.

Daun yang digunakan untuk membungkus harus betul-betul bersih, daun yang kotor merupakan sumber bakteri. Gado-gado setelah disajikan harus segera dikonsumsi. Apabila gado-gado dibungkus dan dibawa pulang kerumah, maka bumbu, sayuran sebaiknya dibungkus terpisah.

Resep oleh: Siti Rahayu 73 dan Lidia Ratna H
Endang S Rahayu 73
Sumber gambar: https://resepkoki.id/2016/12/14/resep-gado-gado-betawi/

Bagikan
  • 8
    Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hai, silahkan konsultasikan kebutuhan anda terkait KAGAMATP, kami akan menjawab pertanyaan anda dengan senang hati.

Chat dengan kami di WhatsApp