Pemilihan Bahan Pangan Nabati

Sayuran dan buah-buahan
Sayuran dalam keadaan fisik baik, utuh, segar, tidak layu, dan bersih. Memiliki warna bawaan serta aroma normal. Buah dengan kulit yang utuh, bersih, tidak rusak/pecah, isi bagian dalam utuh dan segar, memiliki warna dan aroma normal, tidak berjamur. Sayuran segar masih melakukan proses metabolism sehingga mudah menjadi layu, sehingga sayuran setelah dibeli sebaiknya langsung diolah. Sayuran dan buah-buahan setelah tiba di dapur harus segera dibersihkan (dicuci) dengan air mengalir, bagian yang memar atau rusak segera dipisahkan, bilamana diperlukan setelah dicuci bersih juga harus segera disimpan dingin. Untuk penyimpanan buah dan sayuran sebaiknya pada suhu sekitar 10 -15 °C (cooling).

Umbi-umbian
Umbi-umbian (kentang, ketela pohon, dll) dipilih yang kulitnya utuh, tidak keriput, tidak luka dan tidak berjamur. Segera setelah sampai di dapur, dibersihkan dari kotoran yang menempel (tanpa dicuci) dan disimpan dengan cara dihamparkan pada ruangan yang kering, untuk mencegah proses metabolisme yang masih berlangsung pada umbi-umbian. Umbi-umbian hanya disimpan dalam waktu yang relatif singkat (2-3 hari), sehingga pembelian umbi-umbian dilakukan saat sebelum diolah.

Biji-bijian
Biji‑bijian dipilih yang kondisinya kering, utuh, isi penuh, tidak keriput, warnanya mengkilat. Perlu dicatat bahwa biji yang tidak utuh, berjamur, warna menyimpan dan terasa pahit diduga telah mengandung toksin yang dihasilkan oleh jamur (mold), contohnya aflatoksin yang mencemari kacang, fumonisin pada jagung. Biji-bijian tetap harus dijaga kering saat disimpan. Ruang penyimpanan juga dijaga kelembabannya, apabila ruangan lembab, biji-bijian juga meningkat kandungan airnya, akan ditumbuhi oleh jamur dan menghasilkan mikotoksin. Mikotoksin adalah racun yang sangat stabil sehingga tidak dapat dihilangkan seluruhnya dengan proses pengolahan.

Rempah-rempah
Rempah-rempah segar seperti bawang merah, bawang putih, cabe, daun jeruk purut, sereh, salam, lengkuas, jahe, kunyit dipilih yang utuh dan segar diseluruh bagian, tidak busuk, tidak berjamur. Rempah-rempah kering seperti cengkeh, kapulaga, ketumbar, kemiri, jinten, lada, kayu manis dipilih yang kering, utuh dan tidak berjamur, tidak tercampur dengan bahan lain. Rempah-rempah bubuk (bubuk kunyit, jahe, pala, lada, ketumbar, bawang merah, bawang putih, dll) dipilih yang dikemas dengan diberi label yang benar, dipilih kemasan yang masih utuh.

Tepung, gula, garam, dan produk kering lainnya sejenis
Untuk produk-produk ini harus dipilih yang kering, tidak menggumpal, tidak lembab atau basah, memiliki warna asli (warna aslinya tidak berubah karena jamur), tidak berbau apak. Apabila produk kemasan, dipilih kemasan yang utuh dan berlabel.

Endang Sutriswati Rahayu 73
Sumber gambar: https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/porsi-makan-buah-sayur-sehari/

Bagikan
  • 24
    Shares

One thought on “Pemilihan Bahan Pangan Nabati

  • June 6, 2018 at 6:49 am
    Permalink

    Terima kasih info bermanfaat Prof

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hai, silahkan konsultasikan kebutuhan anda terkait KAGAMATP, kami akan menjawab pertanyaan anda dengan senang hati.

Chat dengan kami di WhatsApp