Staphylococcus aureus, Siapakah Dia?

Staphylococcus aureus termasuk bakteri pathogen (penyebab penyakit) Gram positif yang banyak ditemukan pada kulit manusia, sehingga bakteri ini sering kita sebut sebagai penyebab makanan karena hygiene personal yang kurang baik. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri ini penjelasannya adalah sebagai berikut:

(1) Jenis penyakit: intoksikasi menyerang usus (gastroenteritis), disebabkan oleh enterotoksin yang dihasilkan oleh Staphylococcus aureus saat bakteri ini tumbuh pada makanan. Merupakan kasus penyakit bawaan makanan yang sering terjadi, terutama karena sanitasi dan higiene yang tidak diterapkan dengan baik.

(2) Penyebab: toksin yang dihasilkan oleh Staphylococcus aureus, disebut enterotoksin. Bakteri ini mampu tumbuh pada suhu 7-48°C (tumbuh cepat pada suhu 20-37°C, Aw 0,86 (suasana agak kering), pH 4.8 (suasana asam), serta konsentrasi gula dan garam sampai dengan 15%. Sehingga diperkirakan bakteri ini mampu tumbuh pada berbagai jenis makanan dan menghasilkan toksin. Sel mati pada suhu 66°C (12 menit) atau pada suhu 72°C(15 detik). Dosis infeksi setelah mengkonsumsi 30g(ml) makanan yang mengandung toksin yang diproduksi oleh 106-107 sel/g bahan.

(3) Masa inkubasi: 1-8 jam (2-4 jam), namun kadang-kadang masa inkubasi mencapai 24 jam. Penyakit ini berakhir pada 1-2 hari dan jarang sampai fatal.

(4) Gejala: nausea, mual, muntah, sakit perut, diare, lemah.

(5) Makanan yang sering terkontaminasi: hampir seluruh makanan yang telah diolah yang dipegang oleh karyawan, termasuk makanan bekal (lunch box), makanan yang disiapkan dalam kotak.

(6) Sumber cemaran: bakteri ini dapat ditemukan di tangan, hidung, tenggorokan, kulit, rambut karyawan, luka dan mudah mencemari makanan yang siap konsumsi.

(7) Cara penanganan: (a) dengan pemanasan yang sempurna Staphylococcus aureus langsung mati, toksinnya juga rusak setelah dipanaskan; (b) dihindari makanan tersentuh oleh tangan karyawan sehingga saat penyajian sebaiknya menggunakan peralatan yang bersih (sendok), saat meracik menggunakan sarung tangan plastik; (c) higiene personal ditingkatkan.

Endang Sutriswati Rahayu 73
Sumber gambar: https://www.virtual-college.co.uk/news/food-hygiene/2017/07/food-hygiene-why-you-should-know-the-4-cs

Bagikan

One thought on “Staphylococcus aureus, Siapakah Dia?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hai, silahkan konsultasikan kebutuhan anda terkait KAGAMATP, kami akan menjawab pertanyaan anda dengan senang hati.

Chat dengan kami di WhatsApp