CHECKER : Check Kerennya

Salah satu jenis makanan ini sekalipun nampaknya menjijikkan, namun banyak orang yang keranjingan untuk mencari dan mengonsumsinya, yaitu checker (ceker) Ayam. Makanan yang ternyata kaya manfaat bagi kesehatan tubuh, mari kita check kerennya ceker ayam ini.

– Kaya Kandungan Kolagen
Kolagen alami dalam ceker ayam hampir sama dengan kolagen yang banyak ditemukan dalam sayuran hijau dan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C. Kolagen adalah salah satu zat khusus yang diperlukan kulit tubuh untuk mempertahankan elastisitas.
– Menyehatkan Gusi
Gusi adalah jaringan kuat untuk menopang gigi, ceker ayam adalah makanan yang banyak mengandung nutrisi dalam jumlah yang sangat banyak. Ada jaringan ikat dan tulang rawan yang bisa berubah menjadi gel karena mengandung kolagen, asam amino, dan beberapa zat pembentuk gelatin, zat-zat ini akan memperbaiki kondisi kesehatan gusi.
– Membantu Penyembuhan
Nutrisi yang terdapat dalam ceker ayam adalah protein dan kalsium. Nutrisi ini sangat penting untuk membantu regenerasi saraf, otot, dan tulang. Penelitian menunjukkan bahwa potensi nutrisi tersebut bisa membantu menyembuhkan cedera, bahkan kondisi cedera tulang belakang dipercaya dapat cepat sembuh dengan mengonsumsi makanan yang mengandung ceker ayam.
– Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
Terdapatnya berbagai nutrisi dalam ceker ayam, yaitu kolagen, gelatin, dan mineral seperti seng, tembaga, magnesium, kalsium, dan fosfor, mampu membuat sistem kekebalan tubuh menjadi semakin kuat dan membuat badan tidak mudah sakit.
РMemelihara Sendi dan Mengurangi Risiko Tulang Rapuh
Penyakit nyeri sendi dan tulang rapuh sering dialami oleh orang berusia lanjut, penyebabnya adalah tubuh sudah tidak bisa mendapatkan kalsium dan tulang sudah tidak dapat menyerap kalsium dengan baik. Mengonsumsi ceker ayam sejak usia muda akan memberikan dampak yang berbeda. Ada bagian dari ceker ayam yang kaya lendir dari kulit, tendon dan tulang. Kandungan ceker ayam yang kaya dengan protein, kalsium, tulang rawan, dan kolagen dapat dengan mudah diserap oleh tubuh. Nutrisi ini sangat penting untuk memperkuat struktur tulang dan mencegah kerapuhan tulang saat usia lanjut.
– Menyehatkan Saluran Pencernaan
Ceker ayam bisa dibuat menjadi kaldu atau sup yang menyegarkan. Bagian ceker ayam yang banyak mengandung jaringan ikat dan tulang rawan ini sangat lezat, bahkan semua nutrisi seperti protein, kolagen, kondroitin dan glukosamin ikut larut ketika dimasak menjadi kaldu. Khasiat berbagai nutrisi ini sangat baik untuk membuat pencernaan menjadi lebih sehat, usus menjadi lebih lembut, sehingga saluran pencernaanpun menjadi lebih lancar.
– Menjaga Kesehatan Kuku
Ceker ayam yang sudah dimasak akan mengeluarkan beberapa nutrisi yang sangat penting untuk tubuh, ceker ayam dapat menghasilkan asam amino, kolagen, glisin, hidroksipolin dan prolin yang
bisa membantu menjaga kesehatan kuku.
– Membentuk Probiotik Alami
Ceker ayam yang banyak mengandung kolagen dan berbagai jenis mineral lain, ternyata juga bisa membentuk probiotik alami. Agen gelatin yang banyak ditemukan pada cairan rebusan ceker ayam sangat baik dalam membentuk probiotik alami. Probiotik ini dapat membuat tubuh mampu membentuk kekebalan alami, menyehatkan usus dan mengatasi masalah saluran pencernaan.
– Menyeimbangkan Hormon Tubuh
Ceker ayam juga menghasilkan beberapa jenis asam amino, yang sangat baik untuk tubuh, salah satu jenis asam amino yang dilepaskan dari ceker ayam adalah arginin, jenis asam amino yang dapat membantu tubuh dalam melepaskan hormon yang menyebabkan perasaan tertekan atau stres, bahkan arginin juga penting untuk memproduksi hormon reproduksi,baik untuk pria maupun wanita.
– Mencegah Kerusakan Jaringan Tubuh
Ceker ayam yang sudah dimasak akan mengeluarkan asam amino kelompok glisin yang berfungsi untuk memperkuat jaringan ikat, menjaga kesehatan organ-organ tubuh, membantu tubuh dalam mengeluarkan racun-racun, juga meningkatkan kualitas saraf sehingga dapat meningkatkan rasa nyaman saat tidur.

Tips Memasak Ceker Ayam
Semua potensi bakteri yang ada dalam ceker ayam harus dihilangkan terlebih dahulu sebelum dikonsumsi, untuk itu dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
– Ambil bagian ceker ayam, potong sebatas paha bawah, sehingga yang tertinggal hanya bagian cekernya
– Cuci ceker ayam dengan air yang mengalir sampai semua kotoran keluar
– Potong semua bagian kuku ceker ayam untuk menghilangkan bagian yang terlihat kotor dan menjijikkan
– Rebus ceker ayam dengan air panas selama beberapa menit
-Tiriskan dan hilangkan lapisan kulit keras pada kaki ayam. Lapisan kulit berwarna kuning juga harus dihilangkan untuk mengurangi potensi bakteri dan kotoran yang tertinggal dalam ceker ayam
– Rebus kembali ceker ayam dan masak sesuai selera
– Selalu gunakan ceker ayam yang masih segar dan baru dipotong, jangan yang sudah disimpan selama lebih dari 48 jam dalam kulkas.

Bahaya Mengonsumsi Ceker Ayam
Menurut penelitian seorang dokter genekolog yang berasal dari Tiongkok, menyimpulkan bahwa saat ini, ayam yang dijual dipasaran dan dikonsumsi oleh masyarakat adalah ayam yang berasal dari peternakan modern, bukan lagi ayam yang hidup di alam bebas atau diternakkan secara tradisional. Ayam peternakan modern tumbuh dengan bantuan bahan kimia yang disuntikkan ke dalam tubuh ayam, sehingga ekstrak dari zat kimia tersebut menumpuk pada bagian sayap dan ceker ayam. Semakin sering mengonsumsi bagian tersebut semakin besar kemungkinan zat tersebut berpindah ke tubuh dan bagi para wanita hal ini dapat menyebabkan terkena endometriosis atau yang lebih dikenal dengan penyakit kista coklat. Penyakit lain yang dapat timbul jika sering mengonsumsi ceker ayam dari peternak modern, adalah penyakit kanker rahim, kanker serviks dan kanker payudara. Oleh sebab itu, bagi penyuka ceker ayam pilihlah ceker ayam kampung yang tumbuh alami tanpa rekayasa kimiawi.

Checker Ayam
punya manfaat juga mudarat,
tergantung pada cara pemeliharaannya,
pilihlah yang alami, pilihlah yang aman,
agar dapat dikonsumsi,
sebagai pangan yang sehat…

Sotja Prajati 73
Referensi :
Manfaat.co.id
Hello Sehat
Tips-trik.net
Alodokter.com
Lifestyle.kompas.com
Klikdokter.com
Sumber gambar : http://www.manfaatbanget.com/2016/02/manfaat-ceker-ayam.html

Bagikan
  • 4
    Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hai, silahkan konsultasikan kebutuhan anda terkait KAGAMATP, kami akan menjawab pertanyaan anda dengan senang hati.

Chat dengan kami di WhatsApp