Fakta Durian

Siapa yang tidak mengenal buah yang buruk rupa penuh duri dan berbau menyengat, tetapi menyimpan banyak kenikmatan? Ya, durian adalah buah yang banyak diperbincangkan orang, sebagai buah yang tidak baik bagi kesehatan, memiliki kandungan kolesterol, mengandung alkohol, sebagai biang keladi penyakit tekanan darah tinggi, serangan stroke, serangan jantung, mabuk, dan seabrek penyakit lain yang dijadikan isu dapat dipicu oleh konsumsi durian, benarkah tuduhan tersebut?

Sebenarnya, durian merupakan buah yang mengandung nutrisi penting dalam jumlah yang tinggi, melebihi buah lainnya. Durian memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, juga mengandung protein dan lemak tak jenuh tunggal, yang justru baik bagi tubuh yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Durian sendiri juga dikenal memiliki nutrien baik, seperti vitamin B kompleks, vitamin C, zat besi, potassium, kalium, magnesium, fosfor, riboflavin, omega-3, dan omega-6.

Tidak ada di dunia ini tanaman yang dapat menghasilkan kolesterol, karena sebenarnya 80% kolesterol berasal dari sintesa di dalam tubuh kita, sedangkan sisanya yang 20% adalah dari lemak hewani. Di jagad raya ini juga tidak ada tanaman yang menghasilkan alkohol, kecuali fermentasi gula atau karbohidrat yang dikandungnya. Fakta menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi durian, dapat membantu meningkatkan tekanan darah, membuat otot jauh lebih kuat, mendukung kesehatan sistem syaraf, menjaga kesehatan kulit, membantu proses pembentukan sel darah merah, dan membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat.

Kandungan gizi yang ada pada buah durian:
1. Kalori dan lemak, durian mengandung sekitar 357 kalori, yang terdapat dalam 1 cangkir porsi buah, juga mengandung lemak dalam jumlah yang sedikit, yaitu 13 g per porsi untuk 33% kalori.

2. Karbohidrat, durian mengandung 130 g karbohidrat dalam 1 cangkir porsi buah, ini mencukupi sekitar jumlah kalori yang disarankan per hari. Mengontrol konsumsi karbohidrat sangat diperlukan, karena dapat meningkatkan risiko penambahan berat badan.

3. Protein, satu cangkir durian mengandung protein sekitar 3,6 g, atau mencukupi kebutuhan harian protein sekitar 6,4% menjadi 7,8%. Protein yang berasal dari buah-buahan dan sayuran, lebih baik jika dibandingkan protein dari daging atau ikan dalam hal risiko iritasi usus besar.

4. Vitamin dan Mineral, satu cangkir durian mengandung 80% vitamin C yang dibutuhkan tubuh per hari. Vitamin C berfungsi dalam pembentukan kolagen pada kulit dan meningkatkan sistem imun tubuh. Durian juga mencukupi asupan vitamin B-6, yang dibutuhkan tubuh setiap harinya.

5. Zat Besi dan Tembaga, zat besi dan tembaga dibutuhkan dalam pembentukan sel-sel darah merah yang sehat. Durian juga mengandung mangan yang membantu kesehatan tulang dan kulit, 25% dari asupan riboflavin dan tembaga yang direkomendasikan ada dalam 1 porsi buah durian.

6. Kalium, durian mengandung banyak kalium. Kalium adalah elektrolit penting yang membantu mengontrol tekanan darah. Zat ini menjaga kadar natrium dan membantu efek jantung.

7. Triptopan, dikenal sebagai obat tidur alami. Triptopan bekerja dengan mengatur metabolisme menjadi berbagai neurotransmitter dan dapat membantu dalam induksi tidur, bahkan menjadi pengobatan untuk epilepsi.

8. Tiamin, durian mengandung 30% tiamin dari asupan harian yang direkomendasikan. Tiamin berfungsi menjaga metabolisme kabohidrat dalam tubuh untuk menjadi energi.

9. Folat, satu buah durian berisi setidaknya 20% kebutuhan harian akan asam folat. Asam folat juga membantu tubuh mencegah penyakit jantung, perkembangan janin, membantu fungsi otak berjalan dengan benar.

So, mengonsumsi durian adalah baik bagi kesehatan, asal dalam jumlah yang tidak berlebihan. Satu hal yang tidak boleh dilakukan adalah menyantap durian bersamaan dengan mengonsumsi alkohol, karena kandungan sulfur dalam durian akan menghambat metabolisme alkohol, dan bisa memicu kematian.

Durian…
Do not judge by their appereances,
some rich nutritions could be inside their poor coat….

Sotja Prajati 73
Referensi :
manfaat.co.id
alodokter.com
sains.kompas.com
healthline.com
Dokter Sehat – Informasi Kesehatan

Sumber gambar : https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/fakta-kesehatan-buah-durian/

Bagikan
  • 9
    Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hai, silahkan konsultasikan kebutuhan anda terkait KAGAMATP, kami akan menjawab pertanyaan anda dengan senang hati.

Chat dengan kami di WhatsApp