You Are What You Eat

Adalah sebuah ungkapan yang menunjukkan betapa pentingnya pengaruh makanan yang kita konsumsi sehari-hari terhadap kehidupan kita, bahkan bisa menjadi stempel bagi kepribadian seseorang. Dengan kata lain, mutu makanan merupakan tolok ukur dari kondisi tubuh kita, serta yang seterusnya akan dapat menentukan kondisi kesehatan kita. Pangan Aman dan Sehat, artinya pilihlah asupan makanan yang nikmat disantap, tetapi juga aman bagi kesehatan. Untuk itu diperlukan pengetahuan yang benar tentang cara memilih makanan yang sehat.

Pengetahuan tentang pangan yang sehat dan aman ini dapat dijadikan pedoman bagi jaminan keamanan pangan yang akhir-akhir ini begitu marak dan sangat beragam dijajakan di pasaran, tetapi belum tentu sehat dan aman untuk dikonsumsi. Sesungguhnya, sehat adalah syarat utama bagi makanan nikmat karena makanan hanya akan terasa nikmat jika kita dalam kondisi sehat. Hal lain yang perlu dicermati adalah masalah kemasan makanan.

Saat ini bidang kuliner sedang marak digalakkan dan memang menyenangkan bagi yang memiliki hobi berwisata kuliner, karena kini begitu beraneka jenis dan kreasi makanan yang dijajakan, dari yang berharga murah hingga yang mengharuskan lebih dalam merogoh kocek.
Tetapi pernahkah kita menanyakan lebih dulu kepada si penjual makanan tentang jenis kemasan yang akan digunakan sebagai wadah makanan yang kita pesan?

Jenis kemasan makanan merupakan faktor yang seringkali luput dari pertimbangan dalam memilih makanan, bisa jadi yang kita pilih adalah makanan yang sehat dan aman untuk dikonsumsi, tetapi karena kemasan yang digunakan tidak tepat, maka dapat mengakibatkan makanan tersebut menjadi tidak aman dan membahayakan kesehatan. Seberapa sering kita melihat atau bahkan membeli makanan panas yang dikemas dalam kantung plastik, juga seberapa sering kita melihat atau bahkan membeli makanan berminyak atau makanan-makanan yang digoreng, dikemas dalam styrofoam?

Fakta yang terjadi, kantung plastik dan styrofoam merupakan kemasan yang paling sering digunakan sebagai wadah makanan. Padahal tidak semua kantung plastik bersifat tahan terhadap panas, demikian pula styrofoam yang terbuat dari polystyrene bersifat tidak tahan terhadap minyak atau lemak. Kedua kondisi ini tentu amat membahayakan kesehatan, yaitu karena memungkinkan terjadinya migrasi monomer plastik ke dalam makanan yang akan kita konsumsi. Oleh karena itu, adalah lebih bijak jika sebelum membeli makanan, mencermati terlebih dahulu kemasannya, jika perlu bawa wadah yang tepat dari rumah.

Take a clever step to get healthy,
Good food for a good health,
Kesehatan memang tidak berarti segalanya,
tetapi tanpa kesehatan, segalanya menjadi tidak berarti….

Sotja Prajati 73
Referensi :
Detik.com
Greenpack.co.id
Sumber gambar : https://memorymorsels.org/you-are-what-you-eat/

Bagikan
  • 11
    Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hai, silahkan konsultasikan kebutuhan anda terkait KAGAMATP, kami akan menjawab pertanyaan anda dengan senang hati.

Chat dengan kami di WhatsApp