Minyak yang Tepat untuk Pangan yang Sehat

Pola hidup sehat merupakan suatu pilihan sikap dalam berkehidupan, yang bertujuan untuk mencegah serangan berbagai penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung, serangan stroke, kanker, kolesterol tinggi, dan sebagainya, dengan cara menerapkan pola makan yang sehat dengan kadar gizi seimbang, serta melakukan olah raga secara rutin.
Untuk mendapatkan makanan yang sehat dan aman, tentunya faktor pemilihan dan pengolahan bahan makanan merupakan hal yang perlu diperhatikan juga karena jika pada tahap awal sudah salah memilih bahan serta cara pengolahan, dapat dipastikan hasil akhirnya tidak akan tercapai seperti yang diharapkan.

Minyak goreng merupakan salah satu bahan yang digunakan dalam proses pengolahan masakan. Ada beberapa jenis minyak goreng yang dijual di toko, tetapi sebaiknya pilih minyak goreng yang aman bagi kesehatan, yaitu memiliki sifat stabil, tidak mudah teroksidasi atau cepat berbau tengik, karena jika minyak mengalami oksidasi (bereaksi dengan oksigen) akan membentuk radikal bebas dan senyawa berbahaya bagi kesehatan.
Minyak goreng yang sehat adalah produk minyak yang mengandung lemak tidak jenuh tunggal dan lemak tidak jenuh ganda, yang mampu meminimalisir risiko berbagai penyakit jantung, sedangkan kandungan lemak jenuh dalam minyak dipilih yang serendah mungkin.

Lemak jenuh, memiliki satu ikatan tunggal dalam molekul asam lemak, contohnya: mentega, margarin, lemak babi, minyak kelapa, minyak sawit, minyak biji sawit. Ciri fisik : padat dalam suhu ruangan. Dampak buruk bagi kesehatan: penyumbatan arteri, meningkatkan kadar kolesterol, risiko penyakit jantung.

Lemak tidak jenuh ganda, memiliki ikatan dua ikatan atau lebih, contohnya: minyak canola, minyak biji bunga matahari, minyak kacang walnut, minyak jagung, minyak wijen. Minyak ini disamping memiliki berbagai sifat yang baik, ikatan gandanya bisa memberikan reaksi kimia dan sensitif terhadap panas, membentuk aldehida dan peroksida lipid yang dalam jumlah kecil pun sudah mampu meningkatkan risiko penyakit jantung dan kanker. Ciri fisik: cair, bahkan jika disimpan dalam kulkas. Minyak jagung dan minyak biji bunga matahari tergolong paling aman digunakan selama tidak menempatkannya pada suhu panas yang tinggi, misal saat menggoreng atau memasak hanya menggunakan suhu yang tidak melampaui batas titik didihnya. Dampak baik bagi kesehatan: membantu menurunkan tingkat kolesterol, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung. Istilah lain dari lemak tak jenuh ganda ini adalah: Omega 6 dan Omega 3 yang sangat penting untuk kesehatan tubuh secara umum.

Lemak tidak jenuh tunggal memiliki satu ikatan ganda, contohnya : minyak zaitun dan minyak kacang. Ciri fisik: cair dalam suhu ruangan, dan berubah semi padat (keruh berawan) dalam kulkas. Dampak baik bagi kesehatan: membantu menurunkan tingkat kolesterol, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

Berikut ini beberapa pilihan minyak goreng terbaik bagi kesehatan, disertai komposisi lemak yang terkandung di dalamnya :
1. Minyak Zaitun
Lemak tidak jenuh tunggal : 78%
Lemak tidak jenuh ganda : 8%
Lemak jenuh : 14%
Kaya antioksidan bernama poliphenol, tingkat bahaya aldehida cenderung rendah, titik didihnya rendah, tidak cocok untuk menggoreng secara deep frying (menggoreng dalam rendaman minyak yang banyak).

2. Minyak Canola
Lemak tidak jenuh tunggal : 62%
Lemak tidak jenuh ganda : 31%
Lemak jenuh : 7%
Titik asap tinggi membuat minyak ini menjadi pilihan yang sangat baik untuk panggangan dan tumisan.

3. Minyak Kacang
Lemak tidak jenuh tunggal : 48%
Lemak tidak jenuh ganda : 34%
Lemak jenuh : 18%
Paling sesuai digunakan untuk segala masakan yang dipanggang maupun ditumis, titik asapnya tergolong tinggi sehingga menjadi pilihan tepat untuk teknik memasak dalam panas tinggi. Mengandung phythosterol yang sehat untuk jantung.

4. Minyak Jagung
Lemak tidak jenuh tunggal : 24 %
Lemak tidak jenuh ganda : 59%
Lemak jenuh : 13%
Mengandung ubiquinon, alfa tokoterol dan gamma tokoterol yang tinggi, mencegah
terjadinya ketengikan, juga mengandung vitamin E yang sangat baik berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan sebagai anti oksidan.

Bebarapa saran tentang minyak goreng :
• Teliti label produk sebelum membeli untuk melihat komposisi lemak yang terkandung di dalamnya.
• Hindari produk berbahan-dasar lemak trans dan minyak terhidrogenasi, dua jenis minyak ini jauh lebih buruk dampaknya bagi kesehatan dibandingkan lemak jenuh.
• Saat menggunakan minyak goreng untuk memasak, minimalkan porsi penggunaan.
• Lakukan penyaringan minyak dari makanan matang, misalnya meletakkannya di atas kertas tisu untuk penyerapan minyak.
• Selalu menyimpan produk minyak goreng dalam lemari tertutup dan kering, jauh dari sinar matahari.
• Jangan menggunakan minyak untuk berkali-kali proses memasak karena dapat menyebabkan terjadinya akumulasi dampak buruk minyak goreng.

Untuk melaksanakan pola hidup sehat,
terapkanlah pola makan bergizi dan sehat,
serta olah raga yang tepat secara teratur….

Sotja Prajati 73
Referensi :
Hellosehat.com
Vemale.com
Sumber gambar : http://eva-health.com/what-is-the-healthy-option/

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hai, silahkan konsultasikan kebutuhan anda terkait KAGAMATP, kami akan menjawab pertanyaan anda dengan senang hati.

Chat dengan kami di WhatsApp