Candu

Banyak di antara kita yang meskipun sudah makan roti ataupun mi yang seharusnya mengenyangkan, tetapi beranggapan bahwa mereka belum makan karena belum makan nasi, bahkan mengatakan bahwa tanpa asupan nasi mereka belum bisa merasa kenyang. Apa sebabnya?

Pakar kesehatan menyebutkan, bahwa tidak ada rasa kenyang jika belum makan nasi, meskipun sebenarnya sudah makan lainnya adalah tanda bahwa seseorang telah memiliki ketergantungan pada nasi.

Penelitian yang dilakukan oleh pakar kesehatan dari Boston Children’s Hospital, Amerika Serikat pada tahun 2013, menunjukkan fakta bahwa makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi seperti nasi, bisa menyebabkan kecanduan.

Sebenarnya bukan hanya nasi, makanan lain seperti kentang, roti putih, sampai gula konsentrat, juga bisa menyebabkan efek kecanduan yang sama. Hanya saja karena nasi telah menjadi makanan pokok sehari-hari sejak kecil, maka efek kecanduan nasi ini akan lebih terasa.

Christine Gerbstadt, pakar kesehatan dari American Dietetic Association menyebutkan bahwa karbohidrat yang kaya akan gula mampu membuat tubuh menjadi ketagihan, karena alasan inilah maka semenjak kecil kita cenderung langsung menyukai makanan dengan sensasi rasa manis dibandingkan dengan makanan yang memiliki rasa lainnya.

Karbohidrat yang memiliki rasa manis seperti pada nasi, ternyata bisa merangsang tubuh untuk melepas hormon serotonin yang mampu membuat suasana hati membaik, sekaligus menurunkan rasa sedih dan depresi. Hal ini menandakan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya karbohidrat seperti nasi bisa membuat hati merasa bahagia. Namun meskipun terlihat baik bagi kesehatan, terlalu banyak mengonsumsi makanan yang kaya karbohidrat jelas tidak baik bagi tubuh, khususnya dalam hal meningkatkan resiko terkena obesitas atau diabetes.

Memang tidak mudah untuk menurunkan tingkat kecanduan terhadap nasi, tetapi asalkan setiap hari kita dapat menjaga asupan gizi dengan seimbang, maka tidak akan menjadi masalah jika tetap ingin mengonsumsi nasi setiap hari.

Candu yang selalu bikin rindu,
semakin ditahan, semakin mengganggu,
hasrat hati hanya selalu ingin bertemu,
nasi, oh, nasi, menu utama kesukaanku……

Sotja Prajati 73
Referensi :
Cnnindonesia.com
Hellosehat.com
Dokter sehat – informasi kesehatan

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hai, silahkan konsultasikan kebutuhan anda terkait KAGAMATP, kami akan menjawab pertanyaan anda dengan senang hati.

Chat dengan kami di WhatsApp