Phobia Minuman Dingin

Sering beredar kabar bahwa mengonsumsi minuman dingin, terutama air es dan es batu, tidak baik bagi kesehatan. Hal ini disebabkan adanya sebuah anggapan yang dipercaya masyarakat bahwa mengonsumsi minuman dingin atau air es akan membuat badan mudah gemuk, karena asupan air atau minuman dingin dianggap menyebabkan terjadinya penimbunan lemak dalam tubuh.

Seorang pakar kesehatan yang berasal dari Lagizi, menyebutkan bahwa anggapan tersebut tidak benar adanya. Sedingin apapun minuman yang kita minum, maka tubuh akan membuat suhu minuman tersebut sesuai dengan suhu tubuh. Hal ini disebabkan adanya proses alami yang terjadi dalam tubuh yang disebut termoregulasi, yaitu proses yang membuat suhu tubuh tetap terjaga konstan, sehingga lemak pun tidak akan membeku atau menumpuk dalam tubuh akibat seringnya minum air dingin.

Disebutkan pula bahwa es batu yang dijadikan campuran dalam minuman yang kita minum hanyalah terbuat dari air, berarti es batu atau air putih yang dingin tidak memiliki kandungan kalori, sehingga sering mengonsumsinya seharusnya tidak akan memicu kenaikan berat badan ataupun kegemukan.

Akan tetapi, jika kita sering mengonsumsi minuman dingin yang memiliki rasa manis, seperti es campur, atau es teh manis, maka kandungan gula dari minuman dingin itulah yang mampu mempengaruhi berat badan. Karena alasan inilah maka sebaiknya kita membatasi konsumsi minuman dingin yang memiliki rasa manis, jika bermaksud ingin menjaga kestabilan berat badan.

Selain membatasi mengonsumsi minuman dingin, ada baiknya kita juga mewaspadai minuman dingin yang dijual di pinggir jalan, karena ditengarai ada penjual minuman yang menggunakan es batu terbuat dari air mentah yang dibekukan. Es batu tersebut tentu mengandung banyak bakteri yang bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti diare.

Sebelum membeli minuman yang diberi es batu, ada baiknya menanyakan asal dari es batu yang digunakan, es batu yang aman dikonsumsi adalah yang berbentuk pipa yang memiliki lubang di bagian tengahnya (dikenal dengan nama polar) karena es tersebut dibuat dari air yang sudah dididihkan.

Semoga tulisan ini dapat mengubah pandangan siapa saja yang mengalami ketakutan yang berlebihan terhadap konsumsi minuman dingin.

Sotja Prajati 73

Referensi :

Lagizi

Alodokter.com

Dokter sehat – Informasi Kesehatan

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hai, silahkan konsultasikan kebutuhan anda terkait KAGAMATP, kami akan menjawab pertanyaan anda dengan senang hati.

Chat dengan kami di WhatsApp