Inovatif! Dosen UGM Ini Ramu Susu Balita dari Fermentasi Kedelai Beras

YOGYAKARTA, JITUNEWS.COM– Sebagai pemacu pertumbuhan, tentunya nutrisi memiliki peranan penting bagi manusia. Karena itu, untuk menghasilkan aneka panganan dengan kandungan nutrisi yang baik, para ahli pun melakukan serangkaian penelitian. Salah satunya dilakukan oleh Dosen Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) UGM, Ir. Indyah Sulistya Utamy, S.U.

Dari hasil penelitian yang dilakukannya, dikatakan bahwa hasil fermentasi dari kedelai yang dikemudian diolah bersama dengan beras, bisa digunakan sebagai asupan nutrisi untuk para balita. Bahkan, menurut wanita yang akrab disapa Indyah ini, temuannya digadang sebagai konsumsi nutrisi alternatif pengganti makanan balita impor.

“Menurut data Kementerian Kesehatan, pada tahun 2012 sedikitnya 900.000 balita di Indonesia mengalami malnutrisi. Selain itu, bahan pokok pembuatan makanan bayi yang masih bertumpu pada susu impor juga menjadi masalah tersendiri,” ungkap Indyah, dikutip dari laman resmi UGM, Senin (29/6).

Indyah menceritakan, gagasan ini berawal dari hasil penelitian sebelumnya yang menggunakan kedelai secara langsung tanpa fermentasi. Dari penelitian tersebut, kemudian dikembangkan untuk membuat formulasi dari susu kedelai yang sudah difermentasi. “Sebagai bahan pokok pembuatan makanan bayi, dibanding susu murni, kedelai mengandung protein yang lebih mudah dicerna,” tambahnya.

Kemudian, agar bisa dibuat susu dalam bentuk bubuk, susu kedelai yang sudah difermentasi selanjutnya masuk ke dalam tahap penepungan. Hasil penepungan tersebut dicampurkan beras yang sudah difermentasi. “Karbohidrat didapatkan dari beras yang sudah difermentasi, sedangkan proteinnya dari kedelai,” paparnya.

Diterangkan Indyah, penelitian ini merupakan bentuk kerja sama dengan PT Sari Husada yang memakan waktu sekira 3 tahun. “Tahun pertama kita fokuskan pada bubuk kedelai, tahun berikutnya kita kembangkan fermentasi kedelai, tahun ketiga kita mencampurkan susu kedelai fermentasi dengan beras fermentasi,” jelasnya menambahkan.

Meski belum diluncurkan, produk ini nantinya akan dikemas dalam bentuk minuman dengan bahan baku susu kedelai fermentasi, yang dicampur dengan beras fermentasi. Selain itu, produk ini juga akan ditambahkan dengan tambahan mineral, vitamin sesuai standar gizi untuk balita. Indyah mengaku, pihaknya belum bisa memastikan kapan produk ini bisa dipasarkan secara komersial.

 

Sumber :

http://www.jitunews.com/read/16588/inovatif-dosen-ugm-ini-ramu-susu-balita-dari-fermentasi-kedelai-beras

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hai, silahkan konsultasikan kebutuhan anda terkait KAGAMATP, kami akan menjawab pertanyaan anda dengan senang hati.

Chat dengan kami di WhatsApp