Kuning dan Putih

Setiap orang pasti mendambakan tubuh yang sehat dan bugar, tapi tentu saja untuk mencapainya perlu upaya yang konsisten dalam hal mengonsumsi makanan yang menyehatkan dan aman dengan kandungan gizi yang seimbang setiap hari. Tidak hanya cermat dalam memilih bahan makanan yang akan dikonsumsi, akan tetapi juga mempertimbangkan cara mengolah serta cara mengonsumsinya.

Telur merupakan salah satu bahan makanan yang sehat, memiliki kandungan gizi yang baik dan berharga murah. Di dalam telur terdapat dua bagian, yaitu kuning telur dan putih telur. Kuning telur merupakan bagian yang mengandung berbagai gizi, khususnya vitamin B7 atau biotin, merupakan vitamin B yang larut dalam air. Vitamin ini sangat dibutuhkan tubuh untuk memproduksi glukosa dan asam lemak tubuh. Sedangkan putih telur mengandung asam folat, selenium, kalsium, magnesium, dan fosfor. Putih telur merupakan bagian yang memiliki kandungan zat avidin, yaitu zat anti gizi, karena kemampuannya mengikat gizi, sehingga gizi tidak mampu diserap oleh tubuh, meskipun dalam keadaan sudah masuk ke dalam tubuh.

Mengingat kandungan zat-zat yang terdapat dalam telur, maka pengolahan telur, dengan cara didadar merupakan hal yang tidak disarankan, karena telur yang dikocok menyebabkan bercampurnya zat avidin putih telur dengan gizi-gizi yang ada di dalam kuning telur, sehingga gizinya telah diikat oleh avidin sebelum dikonsumsi tubuh. Disarankan untuk mengolah telur dengan dibuat telur mata sapi atau direbus dan dimasak menjadi makanan yang lezat dan tetap memiliki nilai gizi yang baik.

Telur memiliki kandungan protein sebanyak 60 kalori, sehingga jika dikonsumsi secara rutin dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil. Di dalam telur terdapat 200 mg kolesterol baik (HDL) yang sangat bermanfaat bagi tubuh untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) yang menyebabkan penyakit.

Manfaat telur sebagai menu sarapan dapat memberikan asupan protein dan lemak yang merupakan sumber energi untuk melakukan berbagai aktivitas, serta membuat perut kenyang lebih lama sehingga tidak tertarik untuk ngemil yang tidak sehat sebelum jam makan siang, juga menghindari konsumsi makan siang yang berlebihan, berat badan pun tetap dapat terjaga dengan baik.

Mengonsumsi telur dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kandungan selenium dalam telur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat sekaligus membantu hormon tiroid bekerja dengan lebih baik. Hal ini mengakibatkan kemampuan tubuh melawan sumber penyakit lebih efektif. Kandungan kolin dan makro nutrien pada telur akan menjaga fungsi hati dan menurunkan resiko terkena kanker payudara pada wanita.

Kandungan kolin ini terdapat pada kuning telur, sehingga tidak perlu khawatir untuk mengonsumsi kuning telur dikarenakan kandungan didalamnya sangat baik bagi tubuh, dan ingat bahwa tubuh juga tetap membutuhkan lemak serta kolesterol (lemak tak jenuh dan HDL), hanya konsumsinya memang perlu dibatasi, cukup sebutir dalam sehari.

Mengonsumsi telur dalam keadaan mentah sangat tidak direkomendasikan karena protein pada putih telur mentah sulit dicerna oleh perut, penyerapannya hanya 50 %, dibandingkan jika telur sudah dimasak, penyerapan protein bisa mencapai 90 %. Selain itu mengonsumsi telur mentah menghambat penyerapan biotin oleh tubuh karena akan diikat oleh zat avidin yang terdapat dalam putih telur yang bercampur saat berada dalam tubuh. Sebenarnya zat avidin akan lumpuh oleh panas, sehingga cara yang terbaik adalah telur harus dimasak agar biotin tidak diikat oleh zat avidin. Mengonsumsi telur mentah juga memiliki kemungkinan terkontaminasi bakteri Salmonella  yang dapat menyebabkan keracunan.

 

Telur….. Kuning dan Putih, sangat bermanfaat jika diolah tetap terpisah,
menjadi mudarat jika dicampur sebelum diolah, membahayakan jika dikonsumsi tanpa diolah ….

Sotja Prajati 73

Referensi :

Tribunnews.com

Dokter Sehat – Informasi Kesehatan

Vemale.com

Hellosehat.com

 

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hai, silahkan konsultasikan kebutuhan anda terkait KAGAMATP, kami akan menjawab pertanyaan anda dengan senang hati.

Chat dengan kami di WhatsApp