Sehat Dengan Porsi Yang Tepat

Kesehatan tubuh dapat terjaga dengan baik jika asupan gizi harian dapat dipenuhi dengan tepat. Akan tetapi dalam kenyataannya sebagian besar dari kita lebih mementingkan rasa kenyang untuk memenuhi kebutuhan makanan harian daripada memilih makanan yang memiliki nilai gizi seimbang.

Sayur dan buah merupakan bahan makanan yang sering diabaikan dalam menyusun menu makanan, hanya karena rasanya tidak selezat makanan lain yang nilai gizinya lebih rendah, padahal sayur dan buah merupakan bahan makanan yang memiliki banyak sekali gizi atau gizi yang penting bagi tubuh.

Kementerian Kesehatan RI melalui program Gerakan Nasional Sadar Gizi, menyarankan setidaknya mengonsumsi 3-5 porsi sayur, serta 2-3 porsi buah setiap hari, agar bisa mendapatkan asupan gizi yang seimbang. Rutin mengonsumsi sayur dan buah akan membuat semakin sehat dan tidak mudah terserang penyakit berbahaya, seperti stroke, peyakit jantung, diabetes, dan obesitas. Bagi anak-anak, buah dan sayur amat berperan penting bagi kesehatan dan pertumbuhan fisiknya.

Rekomendasi Kemenkes RI ini sesuai dengan panduan dari Badan Kesehatan Dunia WHO bedasarkan hasil studi yang dilakukan oleh University of College, London, yang menguji kebiasaan makan dari 65.000 orang, dari tahun 2001 sampai 2003. Dari penelitian tersebut diketahui bahwa mereka yang mengonsumsi sayur dan buah sesuai dengan rekomendasi WHO secara rutin setiap hari, dapat menurunkan resiko kematian sampai 42% lebih rendah dari mereka yang hanya mengonsumsi satu jenis sayur dan buah setiap hari.

Manfaat mengonsumsi sayur dan buah secara rutin setiap hari adalah :

  • Kaya Serat: melancarkan proses pencernaan, menurunkan kadar kolesterol, dapat
    mencegah serangan kanker usus besar.
  • Sumber vitamin yang melimpah, yaitu: Vitamin C baik bagi sistem kekebalan tubuh lebih kuat. Vitamin A baik bagi kesehatan mata. Vitamin D membantu proses penyerapan kalsium sekaligus menjaga kesehatan tulang dan gigi.
  • Kaya kandungan mineral: kalsium, magnesium, kalium, zat besi, fosfor, dan lain-lain, membantu fungsi sistem yang ada dalam tubuh.
  • Rendah kalori: mampu menjaga berat badan tetap ideal jika dikonsumsi tiap hari.
  • Kaya kandungan antioksidan: membantu sistem kekebalan tubuh dalam melawan efek buruk dari radikal bebas penyebab penyakit.

Akan tetapi, sayur dan buah yang sudah diolah menjadi keripik, seperti keripik yang terbuat dari ubi, singkong, kentang, pisang, apel, nangka, dan lain-lain, tidak lebih sehat dari keripik yang terbuat dari campuran terigu. Bahan yang digunakan dalam pembuatan keripik sayur dan buah, 2/3 nya merupakan sayur dan buah, sedangkan sisanya adalah garam dan minyak, kandungan lemak dalam 40 gr keripik sayur lebih tinggi dibandingkan keripik biasa dengan berat yang sama.

Cerdas memilih pangan yang sehat dan aman,

cermat dalam menetapkan porsi asupan,

berbagai penyakit pasti dapat terhindarkan…

Sotja Prajati 73

Referensi :

Parenting.com

Halosehat.com

Detik.com

Bagikan

One thought on “Sehat Dengan Porsi Yang Tepat

  • July 12, 2018 at 8:22 pm
    Permalink

    Informasi yang sangat bermanfaat! Bagimana dengan nafsu makan yang tinggi? Adakah cara yg bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hai, silahkan konsultasikan kebutuhan anda terkait KAGAMATP, kami akan menjawab pertanyaan anda dengan senang hati.

Chat dengan kami di WhatsApp