Asupan Sehat Wanita Paruh Baya

Pada umumnya wanita mempunyai titik nadir dalam kehidupannya yaitu ketika memasuki usia 50 tahun ke atas. Menjadi sering merasa khawatir, cemas dan bahkan dihinggapi perasaan tidak berdaya. Hal ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut karena dapat mempengaruhi kesehatan fisik yang ikut memburuk. Ada slogan yang berbunyi, usia boleh uzur, namun semangat tak boleh surut, oleh karenanya sekalipun usia terus bertambah, tapi fisik serta pikiran harus dijaga agar tetap sehat dengan menjalankan pola makan yang sehat dan berkecukupan.

Beberapa jenis asupan pangan yang dapat digunakan untuk memenuhi kecukupan vitamin seiring bertambahnya usia, adalah :

  1. Jeruk, sayuran berdaun hijau, serta sereal, merupakan makanan yang kaya akan kandungan asam folat. Asam folat memiliki peranan yang besar dalam memproduksi DNA dan membentuk darah. Banyak wanita paruh baya mengalami  ketidakmampuan dalam memproduksi asam folat dalam jumlah yang cukup, disebabkan karena meningkatnya hormon homosistein seiring bertambahnya usia. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya anemia megaloblastik dan meningkatkan resiko terkena penyakit jantung.
  2. Produk susu, lemak ikan, minyak hati ikan Cod, merupakan bahan pangan yang kaya vitamin D. Wanita dengan usia di atas 50 tahun  sebaiknya mengonsumsi bahan pangan yang kaya akan vitamin D karena vitamin D merupakan nutrisi yang mampu membantu tubuh dalam penyerapan kalsium sekaligus Vitamin D juga mampu mengatur kadar fosfat, zat yang mampu membentuk energi bagi tubuh dengan baik. Berjemur di bawah sinar matahari pagi juga merupakan hal yang disarankan mengingat dapat meningkatkan aktivasi vitamin D
  3. Susu, telur, daging-dagingan, adalah jenis pangan  yang kaya vitamin B12, dan memiliki fungsi yang amat kompleks bagi tubuh. Vitamin ini mampu mengubah homosistein yang ada pada asam amino metionin. Dengan adanya reaksi fisiologis ini, maka tubuh akan menjaga kadar homosistein tidak terlalu tinggi, sehingga mampu menurunkan resiko terkena kardiovaskular. Asupan vitamin B12 akan membuat wanita paruh baya menyerap makanan dengan lebih baik.

Sotja Prajati 73

Referensi :

Dokter sehat – Informasi Kesehatan

Keluarga.com

Merdeka.com

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hai, silahkan konsultasikan kebutuhan anda terkait KAGAMATP, kami akan menjawab pertanyaan anda dengan senang hati.

Chat dengan kami di WhatsApp