Saus Tomat Pelengkap Nikmat

Saus yang banyak kita temui di tempat-tempat kudapan merupakan produk pelengkap makanan atau bumbu olahan masakan yang ditambahkan pada makanan dan berfungsi untuk menambah atau meningkatkan rasa. Ada berbagai macam saus yang digunakan dalam dunia kuliner, baik jenis, sifat, maupun fungsinya. Salah satu jenis saus yang paling sering ditemui di tempat-tempat penjualan makanan, antara lain kecap, sambal, dan saus tomat.

Saus tomat yang baik adalah saus yang memiliki rasa identik dengan bahan dasar dalam pembuatannya, yaitu rasa khas tomat yang manis bercampur asam. Saus ini selain bisa digunakan sebagai pelengkap makanan berkuah dan makanan gorengan, bisa juga digunakan sebagai bumbu olahan masakan lain, seperti pada pembuatan nasi goreng.

Melihat kelebihan yang dimiliki saus tomat dalam mempengaruhi rasa makanan,maka banyak produsen saus tomat yang melakukan persaingan bisnis untuk menekan harga produk serendah mungkin dengan cara mensiasati penggunaan bahan dasar tomat dan menggantinya dengan produk lain yang harganya lebih murah dari tomat.Akibatnya banyak konsumen yang mengeluh atas kenyataan yang dialaminya saat mengonsumsi saus tomat palsu.

Saus tomat yang asli adalah saus yang berbahan dasar buah tomat yang sudah masak, diberi bahan-bahan tambahan seperti gula, garam, bawang, dan rempah-rempah (jahe). Saus ini dapat memiliki ketahanan (simpan di dalam kulkas) sampai 6 minggu. Sedangkan saus tomat palsu menggunakan bahan dasar ubi, dan pepaya, serta bahan pengawet, sehingga bisa tahan beberapa minggu tanpa disimpan dalam kulkas.

Beda antara saus tomat yang asli dengan yang palsu bisa diketahui dengan mudah dari rasa dan teksturnya. Berikut ini ada beberapa tips untuk membedakan antara saus tomat yang asli dengan yang palsu :

  1. Tuangkan saos tomat dari botolnya ke dalam wadah berisi air : Jika aliran saus dari mulut botol lancar, agak encer, dan mudah bercampur dengan air, berarti saus tomat asli, tapi jika aliran saus dari mulut botol tidak lancar (seret), dan sukar bercampur dengan air, berarti saus tomat tersebut palsu karena bahan dasar yang digunakan adalah karbohidrat (ubi) yang sulit bercampur dengan air.
  2. Amati kemasan dan mereknya. Apakah ada nomor register dari BPOM, Kementerian Kesehatan, atau MUI. Biasakan untuk membeli saus yang sudah terkenal mereknya, serta terbukti keasliannya. Memang harganya sedikit lebih mahal.
  3. Amati rasanya. Saus yang asli memiliki rasa dari bahan utama dalam pembuatannya, tomat, bawang putih atau rempah-rempah.
  4. Saus asli mudah berjamur, dalam jangka waktu 3 hari, tanpa disimpan dalam kulkas sudah mulai nampak jamur tumbuh di mulut botol. Saus palsu tahan tidak berjamur selama berminggu-minggu karena menggunakan bahan pengawet dalam jumlah berlebihan.

“Cermatlah memilih pangan yang sehat,

Walau lebih mahal dari segi harga,

Tetapi lebih terjamin dari segi kesehatan”

Sotja Prajati 73

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hai, silahkan konsultasikan kebutuhan anda terkait KAGAMATP, kami akan menjawab pertanyaan anda dengan senang hati.

Chat dengan kami di WhatsApp