Kristis Terhadap Hoax Makanan

Media sosial telah menjadikan kehidupan masyarakat kita menjadi mudah, terutama dalam mendapatkan berita, terlepas berita tersebut dapat dipertanggung-jawabkan kebenarannya atau tidak. Menjadi hal yang paling meresahkan adalah jika berita tersebut kemudian disebar-luaskan tanpa adanya pembuktian atau klarifikasi terlebih dahulu, seperti yang terjadi belakangan ini beredar berita tentang adanya kandungan zat-zat kimia berbahaya dalam berbagai produk makanan dan minuman yang secara umum merupakan konsumsi masyarakat sehari-hari.

Gerakan Pangan Aman (GPA) yang menjadi bagian dari KAGAMA TP, memiliki kewajiban untuk menjelaskan bahwa semua produk makanan/minuman yang sudah beredar di masyarakat dengan ijin serta memenuhi persyaratan edar, adalah merupakan produk yang dapat dipastikan terjamin memenuhi persyaratan aman untuk dikonsumsi.

Adapun jika ada Bahan Tambahan Pangan (BTP) yang dimasukkan kedalam produk tersebut, sudah barang tentu sesuai kadar dan ukurannya sehingga tidak melampaui standar yang disyaratkan, dan perlu diketahui bahwa persyaratan BTP ditetapkan berdasarkan ‘daily intake’ (ukuran asupan per hari).

Masyarakat tidak perlu khawatir terhadap berita-berita yang tidak atau belum jelas sumber kebenarannya. Hal yang perlu dicermati adalah : penggunaan bahan berbahaya dalam pangan, serta BTP yang melampaui standar, juga yang tidak kalah penting adalah penerapan Pola Makan yang sehat.

Dahulu kita  mengenal pola makan  ‘4 Sehat 5 Sempurna’, maka sekarang telah dikembangkan menjadi ‘3B Berimbang-Bervariasi-Bergizi’. Maka yang perlu dipertimbangkan untuk mendapatkan tubuh yang sehat adalah pangan bergizi yang aman, serta pola makan yang baik dan benar. Jika makanannya bergizi dan aman, tetapi dikonsumsi secara berlebihan, tentu akan menjadi asupan makanan yang tidak sehat bagi tubuh.

So, langkah yang bijak adalah jangan buru-buru menyalahkan produk pangan yang telah resmi berijin-edar di pasaran, melainkan cermati bagaimana cara kita mengonsumsi produk pangan tersebut. Walaupun banyak pangan aman dijajakan, pola makan sehat tetap harus diutamakan.

-Gerakan Pangan Aman KAGAMA TP-

Sotja Prajati FTP UGM 2013

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hai, silahkan konsultasikan kebutuhan anda terkait KAGAMATP, kami akan menjawab pertanyaan anda dengan senang hati.

Chat dengan kami di WhatsApp