Alumni Motivasi Calon Wisudawan untuk Berbinis

Pada tanggal 20 Februari 2018, KAGAMA TP melaksanakan kegiatan pembekalan bagi calon wisudawan Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) UGM periode Februari. Kegiatan pembekalan ini merupakan acara rutin KAGAMA TP yang dilakukan setiap periode Wisuda UGM, yakni periode Februari, Mei, Agustus, dan November.  Acara pembekalan kali ini ini dilaksanakan di Auditorium Kamarijani-Soenjoto Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) UGM dengan moderator Suparmi (angkatan 1991) dan narasumber Joko Mintuno (angkatan 1991).

Pembekalan kali ini, selain bertujuan untuk memberikan gambaran tentang kehidupan pasca kelulusan juga memotivasi calon wisudawan untuk bisa berbisnis di umur muda. Tak banyak lulusan kini yang ingin  menjadi wiraswasta, terbukti saat ditanya oleh Joko Mintuno, hanya 4 wisudawan saja yang berani mengatakan ingin berbisnis, sisanya ingin bekerja di industri pangan dan juga ingin jadi PNS. Hal ini tentunya menjadi pertimbangan KAGAMA TP mengingat sebenarnya sebagai alumni FTP UGM, kita memiliki banyak potensi untuk mengembangkan usaha dan bisnis, baik di bidang pangan maupun di bidang agro.

Selama kurang lebih 60 menit, Joko Mintuno memberikan pengarahan bagi calon wisudawan. Joko Mintuno merupakan alumni FTP UGM angkatan 1991 yang sekarang berwiraswasta dengan memproduksi produk minuman yaitu Fruitco “Kopi Rasa Buah” dan Purwaceng. Joko Mintuno menceritakan awal mula berdirinya bisnisnya, tips untuk memulai bisnis, serta  kiat kiat dalam berbisnis itu sendiri.

Selain itu, calon wisudawan juga diberi materi mengenai pekerjaan di bidang industri pangan, tips saat wawancara pekerjaan, serta mengenal lingkungan kerja yang baik mengingat banyaknya calon wisudawan yang ingin bekerja dibidang profesional.

Antusiasme peserta sangat baik, tampak banyak calon wisudawan yang ingin bertanya ketika sesi tanya jawab bersama Joko Mintuno. Ternyata banyak calon wisudawan yang malah menjadi tertarik untuk bergelut di bidang bisnis dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan seputar bisnis.

Kegiatan pembekalan ditutup dengan perkenalan Sistem Manajemen Alumni FTP UGM atau database alumni FTP UGM yang kini tengah dikembangkan oleh pengurus pusat KAGAMA TP.

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hai, silahkan konsultasikan kebutuhan anda terkait KAGAMATP, kami akan menjawab pertanyaan anda dengan senang hati.

Chat dengan kami di WhatsApp