KAGAMA TP, Berdiri Dari Semangat Alumni

Kongres Pertama Alumni FTP UGM yang diselenggarakan pada hari Senin tanggal 18 September 2017 terbentuk suatu Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada yang diberi nama KAGAMA TP.

Bertepatan dengan rangkaian kegiatan Dies Natalis FTP UGM ke-54, Panitia Dies Natalis FTP UGM menggelar Kongres Pertama Alumni FTP UGM pada tanggal 18 September 2017. Latar belakang penyelenggaraan Kongres ini adalah bahwa (1) FTP UGM mempunyai Alumni yang tersebar di seluruh penjuru tanah air dengan berbagai profesi masing-masing, (2) hubungan yang terjalin secara kuat dan harmonis antara Fakultas dan Alumni  dapat saling menunjang aktivitas dan menguntungkan bagi kedua belah pihak, (3) Alumni secara individu atau kelembagaan dapat memfasilitasi mahasiswa untuk menunjang berbagai kegiatan belajar mengajar dan kemahasiswaan, serta mencari solusi terhadap permasalahan Alumni dan membantu peningkatan prestasi Alumni dalam melakukan pekerjaannya, (4) hubungan antara Fakultas dan Ikatan Alumni sebagai hubungan antar organisasi serta hubungan secara individu mempunyai kedudukan yang sejajar dengan berdasarkan pada hubungan kekeluargaan, saling menguntungkan kedua belah pihak, sejajar, demokratis, egaliter, berkelanjutan dan dengan keuntungan yang bersifat nirwujud bukan finansial.

Maka, melalui Kongres Pertama Alumni FTP UGM yang diselenggarakan pada hari Senin tanggal 18 September 2017 terbentuk suatu Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada yang diberi nama KAGAMA TP.

KAGAMA TP menurut Dekan Fakultas Teknologi Pertanian UGM, Prof. Dr. Ir. Eni Harmayani, M.Sc. (TPHP’81) bertujuan sebagai wadah Alumni untuk saling mensinergikan kekuatan antar pihak untuk kepentingan yang lebih luas bagi pengembangan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Selain terbentuk wadah Alumni, Kongres yang dihadiri oleh 150 Alumni dari lintas angkatan (Angkatan 60 sampai 2003) serta lintas departemen ini juga telah menetapkan Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga, Pokok-pokok Program Kerja dan terpilihnya 5 Formatur Pengurus Pusat KAGAMA TP, serta diresmikannya Kantor Sekretariat Alumni dan Kerjasama di Fakultas Teknologi Pertanian UGM. Pokok-pokok Program Kerja tersebut meliputi: (1) menyelenggarakan pembekalan bagi para mahasiswa baru dan calon wisudawan, (2) menjalin forum silaturahmi Alumni antar angkatan dan daerah serta membentuk Pengurus Daerah KAGAMA TP di DKI jakarta, Jawa Barat (Bandung), Jawa Tengah (Semarang), DI Yogyakarta, Jawa Timur (Surabaya dan Probolinggo), serta Bali dan Nusa Tenggara, (3) mendorong karir Alumni (diwujudkan dengan Biro Konsultasi Alumni), (4) membangun bisnis dan Koperasi KAGAMA TP, dan (5) menjalin jejaring kerjasama dan kemitraan dengan berbagai pihak baik nasional maupun internasional. Sementara formatur yang terpilih adalah (1) Saiful Rochdiyanto (MP 73) sebagai Ketua Formatur sekaligus Ketua Umum PP KAGAMA TP, (2) Benjamin Mangitung (TPHP 75), (3) Endang Sutriswati Rahayu (TPHP 73), (4) Maman Suherman (TPHP 84), dan Widodo (TPHP 94).

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hai, silahkan konsultasikan kebutuhan anda terkait KAGAMATP, kami akan menjawab pertanyaan anda dengan senang hati.

Chat dengan kami di WhatsApp